Hitachi Data Systems Akuisisi BlueArc

foto: chip online

Jakarta – Hitachi Data Systems Corporation (HDS) melakukan aksi korporasi strategis setelah mengakuisisi BlueArc Corporation. Penyatuan dua perusahaan ini diharapkan bakal membuat kombinasi yang lebih kuat di pasar storage.

BlueArc sendiri merupakan perusahaan yang cukup diperhitungkan dalam menggelar layanan network attached storage (NAS) untuk segmen enterprise di berbagai industri. Mulai dari kesehatan, media, hiburan, telekomunikasi, energi serta e-discovery, dimana konten digital dan data tak terstruktur (berbasis file) tumbuh pada tingkat yang luar biasa. Industri ini juga dihadapkan dengan tantangan ‘Big Data’ dimana data dikumpulkan begitu besar sehingga mereka menjadi sulit untuk disimpan, dicari, diakses, dibagi dan dianalisis.

HDS sendiri memiliki tiga strategi dasar: infrastruktur cloud, konten cloud dan informasi cloud – yang semuanya memanfaatkan teknologi virtualisasi. Adapun BlueArc dianggap sebagai link utama antara infrastruktur cloud dan konten cloud. Yakni dengan keahliannya dalam virtualisasi berbasis file, built-in intelligent tiering, kemampuan menggerakan secara otomatis data untuk data tak terstruktur dan integrasi yang erat dengan portofolio file, konten dan block Hitachi.
Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan kontrol data tak terstruktur dengan akses tanpa batas, pencarian, retensi, konsolidasi dan kemampuan pengarsipan.

“Pertumbuhan eksponensial dari konten digital, khususnya konten tak terstruktur, memiliki efek dramatis pada semua bisnis, termasuk persyaratan pada TI,” kata Jack Domme, CEO Hitachi Data Systems, dalam keterangannya, Jumat (9/9/2011).

“Selama 5 tahun terakhir, BlueArc telah menjadi bagian integral dari strategi kami untuk membantu  pelanggan menyimpan dan mengelola data tak terstruktur dari semua jenis, seperti video, email, gambar medis, data ilmiah dan banyak lagi,” tukasnya.

Kevin Eggleston, Senior Vice President dan General Manager Hitachi Data Systems Asia Pasific menambahkan, kombinasi yang kuat antara teknologi storage dan cloud BlueArc serta Hitachi Data Systems akan memungkinkan perusahaan di Asia Pasifik untuk mengubah pusat data mereka menjadi pusat-pusat informasi.

“Asia Pasifik telah menjadi daerah yang paling cepat berkembang untuk Hitachi Data Systems dan pasar ini telah menunjukkan minat khusus dalam adopsi teknologi awan. Akuisisi ini memungkinkan kedua perusahaan kami untuk lebih melayani kebutuhan teknologi awan pelanggan kami dengan teknologi yang lebih terintegrasi,” pungkasnya.  (Sumber: Detiknet.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here