Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Hadapi Pandemi, CIMB Niaga Makin Andalkan Layanan Digital Banking

Marketing.co.id – Financial Services | Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi hampir seluruh lini bisnis, termasuk industri perbankan. Dimana terjadi tekanan dan tantangan yang cukup tinggi terhadap proses intermediasi perbankan ke depan.

Head of Digital Banking, Branchless & Partnership PT Bank CIMB Niaga Tbk, Bambang Karsono Adi, mengatakan, untuk menghadapi tantangan dan dampak pandemi industri perbankan harus pandai beradaptasi dan lebih tanggap terhadap dinamika perubahan yang sangat cepat.

“Kami merespon tuntutan ini dengan memanfaatkan kekuatan teknologi dan infrastruktur digital melalui pengembangan platform digital banking CIMB Niaga yang sudah dibentuk dalam beberapa tahun terakhir,” ucapnya.

Adapun platform digital banking yang telah dikembangkan dan terus disempurnakan CIMB Niaga, meliputi aplikasi mobile banking OCTO Mobile yang menyediakan fitur lengkap layaknya Super App, dan internet banking OCTO Clicks yang dapat membantu nasabah melakukan transaksi keuangan yang lebih kompleks dan mutakhir kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Laba Bersih Konsolidasi CIMB Niaga Sebesar Rp1,7 Triliun

Bambang mengemukakan, CIMB Niaga senantiasa mengedepankan customer experience dalam setiap layanan. Hal ini dilakukan agar nasabah dapat memperoleh layanan yang optimal sesuai kebutuhannya.

Langkah strategis yang dilakukan adalah terus berinovasi mengembangkan platform dan fitur-fitur transaksi yang diperlukan nasabah agar dapat diakses melalui OCTO Mobile atau OCTO Clicks; mengembangkan kebutuhan hardware dan software, serta teknologi sekuriti untuk akses atau transaksi melalui online channel.

Setiap inovasi layanan digital yang dilakukan bertujuan meningkatkan jumlah pengguna, baik dari nasabah maupun calon nasabah, yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap kenaikan jumlah transaksi yang dihasilkan.

“Dengan terus berinovasi, kami optimis bisa keluar dari kondisi yang semakin menantang ini dengan baik, bahkan akan menjadi perusahaan yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya,” sebut Bambang.

Untuk semakin mendukung nasabah dalam memanfaatkan layanan digital, CIMB Niaga terus memperkuat kesiapan infrastruktur, termasuk fasilitas keamanan atas penggunaan channel digital banking.

Baca juga: CIMB Clicks Bertranformasi Menjadi OCTO Clicks

Fokus pengembangan digital ini bukan tanpa pertimbangan. Pasalnya, di era digital dan pandemi ini, kebutuhan transaksi digital semakin  tinggi. Di CIMB Niaga sendiri transaksi yang dihasilkan dari digital banking secara bankwide sudah mencapai 96%.

Adapun 4% transaksi lainnya masih dilakukan di kantor cabang untuk nasabah corporate dan commercial. “Hal ini membuktikan bahwa nasabah kami memang sudah mengadopsi transaksi secara digital untuk memenuhi kebutuhan finansialnya,” tegas Bambang.

Tak hanya itu, komitmen CIMB Niaga dalam menyediakan layanan  digital banking secara konsisten dan berkelanjutan tersebut mendapat pengakuan dari The Asian Banker sebagai ‘The Most Helpful Bank during Covid-19 in Indonesia’.

CIMB Niaga dinilai sebagai bank yang paling peduli dan memiliki perhatian besar untuk membantu nasabah (helpful) pada situasi yang sulit saat ini. Sekaligus mampu merespon tantangan pandemi dengan baik melalui layanan dan produk yang sesuai kebutuhan nasabah.

“Kami senantiasa memastikan bahwa pengembangan digital banking yang dilakukan sejalan dan menjawab kebutuhan nasabah, serta utamanya dapat menjaga kenyamanan dan keamanan nasabah dalam menggunakan layanan digital banking CIMB Niaga,” pungkas Bambang.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top