First Media Jawab Kebutuhan Digital Pelanggan Lewat Ragam Solusi Inovatif

First Media
Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk Santiwati Basuki. (Foto: Istimewa)

First Media beradaptasi terhadap trend kebutuhan digital lewat ragam solusi layanan inovatif. Strategi jitu tersebut digaungkan melalui campaign menarik #DemiKamu, #JadiLebih dan #LebihKencangLebihBebas.

Marketing.co.id – Berita Digital & Tek | Peran internet makin melekat dalam keseharian aktivitas manusia. Disadari atau tidak, setiap orang membutuhkan internet dalam setiap aspek kehidupannya (digital lifestyle). Mulai dari fungsi dasar mencari informasi, berkomunikasi, menikmati konten hiburan, hingga meningkatkan produktivitas.

Salah satu perkembangan digital lifestyle saat ini adalah penerapan work from anywhere (WFA). WFA membuat masyarakat dapat bekerja dari lokasi mana pun secara fleksibel, selama terkoneksi dengan layanan internet. Bahkan riset Work Relationship Index dari tim Hawlett-Packard (Juni-Juli 2023) menyebut 16% Gen Z rela gajinya dipotong bila mereka bisa memilih tempat kerja sendiri atau dengan sistem WFH dan WFA. Gaya bekerja digital tersebut tentunya menuntut solusi berinternet yang mumpuni. Di sisi lain, kompetisi pasar kian ketat karena banyaknya pemain dengan ragam produk dan layanan terbaiknya.

First Media yang bernaung di bawah Link Net sebagai induk usaha ini hadir mengolaborasikan sederetan strategi produk dan layanan guna memenangkan pasar. Campaign #DemiKamu, #JadiLebih dan #LebihKencangLebihBebas pun diusung guna menggaungkan layanan dan fitur terbarunya.

“Kami berkomitmen untuk menjadikan pengalaman pelanggan sebagai prioritas utama serta menghadirkan digital lifestyle terbaik bagi semua. First Media selalu menaruh perhatian kepada kepuasan pelanggan dengan menghadirkan layanan penuh perhatian dan menyediakan konektivitas sepanjang waktu dalam semangat #DemiKamu kami #JadiLebih berarti, sebagai bagian dari kampanye #LebihKencangLebihBebas. Bersama-sama, mari bersama jalani digital lifestyle yang lebih hangat, lebih mendukung, serta #LebihKencangLebihBebas,” ungkap Santiwati Basuki, Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk.

Implementasi solusi digital berupa layanan di First Media meliputi NADIA (New Account Digital Interactive Assistant) dan Digital Self Care FITA (First Media Support Assistant). Santi memaparkan, fitur digital one-stop channel pada NADIA memberikan kemudahan bagi calon pelanggan dalam mengakses berbagai informasi seputar layanan First Media seperti tentang produk, paket berlangganan, dan area coverage.

“Melalui fitur interaktif NADIA, calon pelanggan dapat melakukan registrasi via website untuk berlangganan First Media dalam waktu 5 menit saja. Selain itu, calon pelanggan juga dapat menyesuaikan jadwal pemasangan First Media,” tutur perempuan yang akrab disapa Santi ini. Inovasi berikutnya yakni FITA (First Media Support Assistant), layanan digital self-care yang membantu pelanggan First Media untuk melakukan self trouble shooting. Teknologi FITA, menurut Santi, dilengkapi dengan chatbot untuk memberikan kemudahan dalam menikmati layanan internet dan TV kabel.

“FITA juga dilengkapi dengan inovasi augmented reality (AR) untuk memudahkan akses fitur self-troubleshooting dengan mengarahkan pengguna pada panduan video di YouTube First Media World. Pelanggan hanya perlu log in lalu memindai kode QR pada set top box (STB) First Media untuk mengakses fitur-fitur dari FITA,” paparnya.

Lebih lanjut Santi menjelaskan, kepuasan pelanggan adalah hal yang utama di First Media. Oleh sebab itu, dalam merumuskan setiap inovasi layanan dan produk, perusahaan selalu didasarkan pada preferensi dan kebutuhan digital konsumennya. Soal layanan TV kabel dan over-the-top (OTT) misalnya, First Media menawarkan tiga kategori paket pilihan yaitu Stream, Joy, dan Star.

“Ketiga paket tersebut menawarkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil, serta layanan TV kabel dan OTT dengan beragam pilihan konten,” imbuh Santi. Paket Stream memberikan bonus speed upgrade internet mulai dari 50 Mbps selama 3 bulan, dan sudah termasuk FirstMediaX, Catchplay+, CinemaWorld on Demand, HBO GO, Lionsgate Play, dan Viu. Paket Joy dengan bonus speed upgrade internet mulai dari 100 Mbps selama 12 bulan, dilengkapi akses ke berbagai saluran TV kabel. Adapun paket Star menawarkan paket lengkap baik layanan TV kabel, OTT, dan juga kecepatan internet mulai dari 250 Mbps.

Inovasi layanan dan produk tersebut juga didukung oleh kecepatan dan kualitas koneksi internet terbaik. Jaringan internet First Media dilengkapi dengan kabel fiber optik (Fiber First) sehingga kualitas internet lebih stabil dan lebih cepat di berbagai kondisi cuaca. Bahkan, per Januari 2023 First Media meningkatkan kecepatan internetnya hingga lima kali lipat (extreme speed upgrade) tanpa membebankan biaya tambahan kepada pelanggannya. Santi menegaskan, First Media tengah membangun ekosistem untuk transformasi digital sejalan dengan pembangunan nasional. Hal ini terbukti dari perluasan jaringan fiber to fiber yang terus dilakukan. Setelah 3 juta home passed dengan total 750.000 pelanggan, kota-kota di Pulau Kalimantan dan Sulawesi akan menjadi target ekspansi selanjutnya.

“PT Link Net Tbk akan berevolusi. Kami akan fokus pada fiber to the home (FTTH) untuk seluruh kota di Indonesia. Jadi, nanti kami membangun infrastruktur jaringan internet di Indonesia, dan untuk layanan kepada konsumen, saat ini kami sedang bertransformasi,” pungkas Santi.

Angelina Merlyana Ladjar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.