Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bisnis Anda Go Internasional

Marketing – Setelah mencapai tingkat kesuksesan tertentu, banyak merek yang tergoda untuk menjajal pasar yang lebih luas lagi, termasuk menembus pasar luar negeri.

Tapi, menembus pasar luar negeri tentu tidak semudah mencetak sukses di tempat sendiri. Merek-merek yang sudah established di luar negeri pun bisa mendadak goyah.

Chief Executive Officer Asia Wide Franchise Consultant PTE LTD Albert Kong menyatakan, merek-merek yang ingin mengembangkan pasarnya ke luar negeri perlu memperhatikan beberapa faktor.

Pertama, pastikan bisnis Anda sudah berjalan dengan cukup baik di Indonesia (sound and solid). Kedua, siapkan sumber daya manusia yang akan fokus mengurusi bisnis di luar negeri (resources). Ketiga, cari calon franchisee atau partner yang tepat.

“Membuka cabang di luar negeri akan mendorong pertumbuhan bisnis dengan cepat. Selain itu, franchisor dituntut untuk meningkatkan semua aspek bisnis untuk memenuhi standar di negara tujuan. Rekam jejak bisnis franchisor di Indonesia ikut menentukan berhasil atau tidaknya ekspansi bisnis ke pasar global,” ujarnya.

Ketua Umum AFI Andrew Nugroho menambahkan, pebisnis yang ingin mengembangkan pasar ke luar negeri harus memiliki manajemen yang baik. Ada beberapa indikator yang bisa digunakan calon franchisee untuk menentukan waralaba pilihan.

Dari sisi kualitas, pastikan franchisor memiliki tim quality control yang membantu franchisee memberikan layanan dan produk yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Dari sisi keuangan, pastikan franchisor memiliki tim akuntansi yang baik. Sementara dari sisi legalitas, pastikan franchisor memiliki badan usaha resmi semisal PT atau CV.

menurutnya, sspek legalitas ini penting terkait dengan lisensi karena sebuah waralaba sudah pasti mencakup lisensi tetapi lisensi belum tentu waralaba. Lisensi adalah persoalan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Lisensi tidak hanya menyangkut merek atau brand tetapi bisa juga lisensi teknologi, hak paten, perangkat lunak, dan lain-lain,” jelasnya.

Itulah beberapa faktor yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk merambah pasar luar negeri. Apakah Anda memiliki cara lain untuk go internasional? Beritahu kami dalam kolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top