Ekspansi Pabrik, Mattel Indonesia Buka 2.500 Lapangan Kerja Baru

Mattel Indonesia merayakan ulang tahun perusahaan yang ke-30 dan meresmikan ekspansi pabrik

Marketing.co.id – Berita Marketing | Mattel Inc. merayakan 30 tahun beroperasinya PT Mattel Indonesia (PTMI) dan meresmikan ekspansi pabriknya di Tanah Air, yang mencakup pembukaan molding center baru di Cikarang, Jawa Barat.

Ekspansi ini akan mendukung peningkatan kapasitas produksi boneka Barbie dan mobil diecast Hot Wheels dari Mattel, serta ditargetkan dapat menciptakan sekitar 2.500 lapangan kerja baru di Indonesia di samping 9.000 karyawan yang kini bekerja di pabrik Mattel Indonesia selama musim puncak.

“Dengan bangga kami merayakan dan memperkuat kehadiran jangka panjang kami di Indonesia melalui ekspansi operasi manufaktur ini,” kata Roy Tandean, Vice President dan General Manager Mattel di Indonesia. “Indonesia memegang peran penting dalam operasi global kami serta mendukung upaya strategi transformasi untuk tumbuh sebagai perusahaan mainan yang berorientasi pada kekayaan intelektual dan memiliki kinerja yang kuat. Ekspansi ini juga memperkuat peran Indonesia sebagai produsen terkemuka di industri mainan global.”

Rata-rata boneka yang diproduksi Mattel di Indonesia diperkirakan memiliki 70% kandungan konten lokal. Sebagai hasil dari perluasan dan peningkatan kapasitas produksi ini, Mattel berencana meningkatkan volume pembelian dari mitra lokal untuk produk tekstil dan kemasan di Cikarang dan Jawa Tengah. Saat ini, PTMI memproduksi lebih banyak boneka Barbie daripada pabrik lainnya di dunia, dan produksi lokal Mattel saat ini mewakili lebih dari 35% total ekspor global mainan Indonesia.

Investasi terbaru dari Mattel ini pun mendapat sambutan hangat Pemerintah Indonesia. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan terima kasih atas kontribusi penting Mattel terhadap peta jalan ‘Making Indonesia 4.0’ dari Kementerian Perindustrian mengingat Mattel baru saja menerima Sertifikat Lighthouse dari Kementeriannya.

“Investasi baru Mattel menciptakan banyak kemungkinan baru bagi industri Indonesia, termasuk bagaimana mereka dapat mengembangkan lebih lanjut kemampuan manufaktur industri kecil dan menengah, serta terus mendukung modernisasi industri dengan menerapkan Industri 4.0,” kata Agus.

Mattel merupakan perusahaan mainan pertama di Indonesia yang mengembangkan kurikulum pelatihan vokasional bersama Kementerian Perindustrian, menunjukkan keyakinan yang kuat dalam pengembangan sumber daya manusia dan membantu Indonesia membangun industri mainan. Sejumlah anggota tim PTMI pun menjadi pelatih dalam pengimplementasian digitalisasi BUMN Indonesia di bawah naungan kemitraan Kementerian Perindustrian dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Ekspansi PTMI merupakan investasi strategis untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas manufaktur, menekan biaya, dan memperkuat efisiensi operasional yang sejalan dengan strategi Capital Light dari Mattel. PTMI adalah bagian penting dari jejak manufaktur Mattel yang beragam, dan perluasan ini didesain untuk mendorong kinerja yang lebih kuat dan sejalan dengan pendekatan disiplin perusahaan untuk pembelajaan modal.

Konsisten dengan upaya Mattel dalam aspek keberlanjutan, molding center terbaru ini dirancang untuk mencapai Gold Certification, yaitu standar tertinggi yang dapat dicapai dalam standar Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) oleh U.S. Green Building Council.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here