Ecoxyztem, HSBC Indonesia, dan Greeneration Foundation Gelar “Climate Innovation Acceleration 2024”

 

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Program Climate Innovation Acceleration (CIA) resmi dimulai dengan ditandai  penandatanganan pledge dukungan pada bendera gerakan #PercayaEcopreneur. Climate Innovation Acceleration adalah rangkaian program akselerasi inovasi teknologi iklim (climate-tech) dan edukasi untuk memperbanyak talenta di bidang pekerjaan hijau (green jobs). Inisiatif ini merupakan kolaborasi antara Ecoxyztem Venture Builder dan Greeneration Foundation, dengan dukungan dari HSBC Indonesia.

Dengan target melibatkan lebih dari 3.000 mahasiswa di 7 kota besar di Indonesia dan memberikan pendampingan serta akses pasar kepada 30 startups (Ecopreneurs), program CIA akan menggelar Roadshow ke kota-kota besar, seperti Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makasar, dan Jakarta, dari Januari hingga Maret 2024. Percepatan inovasi iklim menjadi krusial menjelang pencapaian target suhu pemanasan global maksimal 1,5 derajat Celsius pada tahun 2030 sesuai Perjanjian Paris.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Laksmi Dhewanthi, menyatakan, “Melalui program Climate Innovation Acceleration, diharapkan solusi dan inovasi dari mahasiswa dan startup climate-tech dapat mendukung aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, sejalan dengan target Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC) 2030.”

Mengambil tema “Building Climate-Tech Ecosystem to Accelerate Ecopreneurs in Reaching ENDC Target by 2030,” program CIA mencakup roadshow ke 7 kota besar, program akselerasi dan implementasi, hingga impact exhibition di akhir program. “HSBC selalu mendukung para pengusaha dengan menjadi bank yang melayani aktivitas perdagangan mereka. Kini kita melihat ke depan, sebuah era dimana inovasi dan teknologi digital memegang peranan kunci, termasuk melawan perubahan iklim. Itulah sebabnya HSBC sepenuhnya mendukung program Climate Innovation Acceleration,” ungkap Francois de Maricourt, Presiden Direktur HSBC Indonesia.

Program CIA telah mendapatkan dukungan dari 25 komunitas, gerakan, dan organisasi pemungkin (enabler) yang mendorong kolaborasi berkelanjutan. Antara lain World Cleanup Day Indonesia, Society of Renewable Energy (SRE Indonesia), Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia (IMTLI), Koalisi Ekonomi Membumi (KEM), Bicara Udara, dan PemimpinID.

Mohamad Bijaksana Junerosano, President Director dari Ecoxyztem, menyatakan, “Ini adalah langkah awal yang sangat positif, karena kecepatan solusi permasalahan lingkungan harus tumbuh lebih cepat dari pada permasalahannya.”

Selain program pendampingan, startup berkesempatan mendapatkan dana implementasi proyek senilai 450 juta rupiah dan akses kerja sama dengan penyedia fasilitas publik. Program CIA juga membuka kesempatan bagi mahasiswa menjadi XYZ Campus Ambassador untuk mengkomunikasikan ide-ide Ecopreneurs di kampus.

Novita Natalia, Co-founder Bicara Udara, menyampaikan dukungan, “Kami siap mendukung kesuksesan program CIA. Dengan semangat membuka lebih banyak jendela kesempatan di sektor sustainability, kita akan bisa menemukan lebih banyak lagi Ecopreneurs, Eco Campaigner, dan Eco Changemaker untuk masa depan Indonesia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.