DSC Season 14 : Wirausaha Muda Berkarakter, Ciptakan Bisnis Berkelanjutan

DSC Season 14 : Wirausaha Muda Berkarakter, Ciptakan Bisnis BerkelanjutanMarketing.co.id – Berita UMKM | Final Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 menandai tonggak penting dalam ekosistem kewirausahaan. FI+/FUEL, makanan sehat dari Bandung bisnis milik Yoel Tristan berhasil menyabet kategori ‘Best of the Best’. 

Ketua Dewan Komisioner DSC Surjanto Yasaputera menjelaskan, Tristan yang berhasil meraih kategori ‘Best of The Best’ mempunyai kualitas pengusaha muda yang berkarakter. Konsep bisnis makanan sehat dengan guilty pleasure, selaras dengan kepedulian masyarakat modern terhadap pilihan yang lebih sehat. 

“Gagasan tentang komposisi makanan sehat sebanyak 75%-80% ditambah sedikit guilty pleasure yaitu ayam goreng yang terdapat di dalamnya benar-benar menjadikan FI+/FUEL menarik dan ditunggu-tunggu di pasar,” papar Surjanto.

Tristan mengaku sudah 7 kali mengalami kegagalan ketika menjadi seorang entrepreneur. Sehingga, ketika mempunyai bisnis FI+/FUEL, besar keinginan untuk belajar pada para mentor yang sudah ahli. “Saya ingin belajar lebih jauh lagi dengan para mentor, terutama untuk sustainability bisnis saya,” ujarnya.

Saat ini Tristan sedang merumuskan pengembangan bisnisnya terkait hibah dana yang didapatkan untuk FI+/FUEL. Beberapa pilihan sudah dikantongi, namun masih dalam tahap diskusi untuk mematangkannya.

Helmi Yahya, Dewan Komisioner DSC turut merasa bangga dan mengapresiasi seluruh pemenang DSC season 14. Tidak hanya ragam bisnis yang sangat bervariasi namun juga terdapat unsur sosial dan berkelanjutan. “DSC bukan tentang siapa yang menang dan kalah, tetapi yang berhasil mengambil manfaat paling banyak dari berjejaring dan bertemu dengan mentor-mentor hebat,” ujarnya.

Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM) Ronald Walla menuturkan, DSC merupakan bagian dari SDGs (Sustainable Development Goals) Center. Inti dari inisiatif ini adalah programnya harus terstruktur dan terukur. Hal ini menjadi salah satu key success agar program DSC menjadi ESG (Ecosystem, Social, Government) oriented.  “Mulai tahun ini DSC akan lebih fokus pada karakter bangsa, aspek sosial, dan aspek government,” ujarnya.

Dukungan DSC Bagi Entrepreneur Muda Berkarakter, Ciptakan Bisnis Berkelanjutan

Selain Yoel Tristan yang menjadi Best of The Best, challengers lainnya yang menjadi pemenang DSC Season 14 dan mendapatkan hibah dana serta pendampingan usaha adalah  Ricardo Petricius (Chipsy Chips/Agridea), Nurdini Prihastiti (Dama Kara), Nathania Tifara (Guru Bumi), Adhyatma Wiradharma (Verus Audio), Septia Erianty (Oganic Lombok), Ria Andriana (Street Sushi), Mirna An Nissa (Primal Surf International). Danang Satria (Alamme) sebagai ‘Most Promissing Business’, dan Hesti Rosa Wulandari (Mediso.com) sebagai ‘Most Progressive Challenger’.

Seluruh pemenang DSC Season 14 memperoleh dana hibah modal usaha, pendampingan selama 2 tahun, maupun pengembangan usaha dari berbagai aspek , dengan total Rp 2,5 miliar

Pada DSC Seasons 14, para challengers diberikan sesi khusus Bela Negara dari LEMHANAS dan Brigade Infanteri 17 di Cijantung, Jakarta Timur. Dalam kesempatan tersebut, challengers diberikan pengetahuan mengenai 4 manifesto DSC yaitu Karakter Bangsa, Governance, Environment dan Social Culture yang menjadi bagian penting dalam mewujudkan kecintaan terhadap Indonesia. 

Pada tahap Battleround, para challengers juga berkunjung dan berkolaborasi dengan banyak pihak mulai dari industri manufaktur hingga industri hiburan. Mereka terlibat langsung untuk mengetahui proses produksi dari hulu hingga ke hilir. Dalam tahap ini challengers tidak hanya akan belajar tetapi juga memberikan kontribusi nyata untuk pengembangan dan keberlanjutan sebuah bisnis.

M. Jupaka, Chief Operating Officer NAMA Beauty dan Coach DSC Season 14 menggarisbawahi pentingnya pengembangan skill dan kreativitas. Kemajuan zaman mengharuskan para entrepreneur untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai perkembangan bisnis terbaru. 

“Dalam dunia bisnis, bertukar informasi dan berkolaborasi adalah sebuah hal penting untuk mengetahui update terbaru mengenai bisnis itu sendiri. DSC mempunyai Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yang membantu entrepreneur dalam berjejaring untuk keberlanjutan bisnisnya,” papar Jupaka.

Jumlah Pendaftar Terbanyak Sepanjang Sejarah DSC

Memasuki DSC Season14, jumlah peserta mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah DSC. Respon yang luar biasa terlihat dari 29.780 proposal yang masuk, menunjukkan antusiasme dan kreativitas calon wirausaha dari berbagai sektor.

“Para challengers mendapatkan banyak bekal untuk menjadi seorang entrepreneur muda dan berdampak positif bagi lingkungan. Karakter 3P (paham, piawai, persona) ditanamkan agar challengers tidak hanya menjalankan bisnisnya, tapi dapat kolaborasi berbagai pihak yang bertujuan sama dalam pengembangan dan pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia,” ujar Edric Chandra, selaku Program Initiator DSC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.