DealShaker.ID untuk Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing – Perubahan pola perilaku pasar atau shifting market global dari konvensional ke digital menjadi peluang sekaligus tantangan bagi sebagian besar pelaku industri dalam negeri. Menurut data yang dirilis IMD Digital World Competitiveness Ranking 2018 dari hasil survei sebanyak 63 negara, Indonesia menempati peringkat ke-62 atau berada di posisi kedua terakhir setelah Venezuela terkait implementasi industry 4.0, atau dengan kata lain tertinggal jauh dalam hal ekonomi digital.

Hal ini tentu menjadi tantangan tak hanya bagi pemerintah, tetapi juga para pelaku ekonomi untuk mengejar ketertinggalan. Berangkat dari hal tersebut, OneAcademy Indonesia yang merupakan  pionir lembaga edukasi digital economy menghadirkan platform “DealShaker.ID”.

Sulistya Putra, Founder dan CEO OneAcademy Indonesia, yang ditemui dalam launching DealShaker.ID pada 16 Februari 2019 lalu di hotel Best Western Senayan, Jakarta, mengutarakan, “DealShaker.ID berbeda dengan e-commerce lain karena akan mendukung promosi produk-produk Indonesia ke mancanegara dan mendukung para produsen Indonesia, termasuk UMKM, untuk memasarkan produk-produk Indonesia ke jaringan DealShaker.ID di 194 negara. Kita balik Indonesia sebagai negara produsen dan pemain pasar global, bukan sekadar jadi pasar konsumen.”

Kehadiran DealShaker.ID akan membantu pemerintah meningkatkan inklusi digital dan inklusi keuangan dari 25% jadi 75%. Artinya, akan semakin banyak rakyat Indonesia mendapat akses jasa keuangan dan perdagangan dengan solusi digital. “Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan ketahanan ekonomi nasional secara signifikan,” imbuhnya.

Bersamaan dengan acara launching juga digelar Digital Transformation Workshop berjudul “Digital Business Strategy and Ecommerce Revolution” serta penandatanganan kerja sama proyek-proyek DealShaker.ID senilai lebih dari Rp1 triliun.

Selain itu, diadakan pula pameran DealShaker Mini Expo Jakarta yang diikuti para mitra merchant DealShaker Indonesia. Berbagai produk menarik dipasarkan meliputi kerajinan tangan karya UKM Indonesia, fashion unik, herbal Indonesia, kain tenun asli Flores, suvenir Bali, kopi sarang walet, penghemat BBM, produk kosmetik, hingga properti. Semuanya dapat dibeli tanpa uang tunai melainkan via ponsel dengan voucer digital ONE yang anti-inflasi. Saat ini DealShaker.ID memiliki 96.000 merchant lebih, dan targetnya di tahun 2019 mencapai lebih dari 100.000 merchant.

Dalam acara tersebut juga diserahkan penghargaan Kata Hati Institute Award kepada OneAcademy Indonesia sebagai pionir edukasi Digital Economy Indonesia. Erbe Sentanu, Founder Kata Hati Institute, dalam sambutannya menyatakan, “OneAcademy Indonesia memiliki kurikulum edukasi Digital Economy terlengkap dan menyajikannya dalam kuliah umum di berbagai universitas.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here