CIMB Niaga Prioritaskan Customer Experience di Pekanbaru, Raih Kinerja Positif di Kuartal I 2024

0
Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pekanbaru
Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pekanbaru
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan layanan bagi nasabah, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengutamakan pengalaman nasabah di berbagai daerah, termasuk di Pekanbaru, Riau. Dengan memperluas akses dan layanan secara hybrid melalui kantor cabang dan layanan digital, CIMB Niaga berkomitmen untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial nasabah karena bagi CIMB Niaga, nasabah adalah #YangUtama.

Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pekanbaru
Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pekanbaru

Di Pekanbaru, yang dikenal sebagai Kota Bertuah, CIMB Niaga hadir dengan lima kantor cabang yang tersebar di berbagai lokasi strategis: Jalan Jenderal Sudirman Tengkerang Selatan, Jalan Jenderal Sudirman Sumahilang, Jalan Riau, Jalan HR Soebrantas Panam, dan Jalan Tuanku Tambusai. Dalam waktu dekat, satu kantor cabang baru juga akan dibuka di kawasan Harapan Raya Pekanbaru. Untuk mendukung layanan tersebut, nasabah dapat melakukan transaksi di 33 ATM/CRM CIMB Niaga serta jaringan ATM berlogo Mastercard, Cirrus, ATM Bersama, dan ATM Prima yang tersebar di Pekanbaru dan sekitarnya.

Selain layanan di kantor cabang, CIMB Niaga juga menyediakan layanan digital yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi digital banking OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Nasabah bisnis mendapat dukungan maksimal melalui BizChannel@CIMB yang membuat transaksi bisnis lebih teratur dan efisien. Untuk para merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga menyediakan aplikasi OCTO Merchant yang membuat transaksi jual beli lebih praktis.

Head of Region Sumatera CIMB Niaga, Maya Sartika, menyatakan bahwa Pekanbaru merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar dan penopang ekonomi nasional di Sumatera. Oleh karena itu, CIMB Niaga menjadikan kota ini sebagai prioritas pengembangan layanan di Sumatera, dengan menghadirkan berbagai inisiatif untuk memberikan nilai tambah kepada nasabah. Sebelumnya, CIMB Niaga di wilayah Sumatera telah melakukan berbagai kegiatan, seperti Wealth Management dan Ngobrolin Biznis (Ngobiz) untuk memperkuat pengelolaan keuangan dan bisnis nasabah.

“Sejalan dengan aspirasi CIMB Niaga untuk menjadi bank pilihan nasabah dan pelaku usaha di Indonesia, kami siap memberikan dukungan optimal bagi nasabah di Pekanbaru. Kami berharap, berbagai upaya yang kami lakukan dapat meningkatkan kepercayaan, kenyamanan, dan loyalitas nasabah,” kata Maya dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pekanbaru.

Raih Kinerja Positif pada Kuartal I/2024

Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga, termasuk di Pekanbaru, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik 7,8% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

“Atas dukungan para pemangku kepentingan, khususnya nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024. Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi kami untuk terus memberikan nilai lebih. Ke depan, kami akan terus meningkatkan pengalaman nasabah melalui inovasi digital,” ujar Maya.

CIMB Niaga terus menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,5% dan 84,2%. Total aset konsolidasian sebesar Rp333,0 triliun per 31 Maret 2024, semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp248,0 triliun (+3,3% Y-o-Y), dengan rasio current account and savings account (CASA) sebesar 64,6%. CASA tumbuh 8,9% Y-o-Y, hasil dari upaya bank membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah melalui layanan digital CIMB Niaga.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,0% Y-o-Y menjadi Rp211,6 triliun, terutama dari pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 9,4% Y-o-Y dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 6,9% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan ritel terutama dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat 15,8% Y-o-Y.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp56,2 triliun (+15,4% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp50,6 triliun (+2,6% Y-o-Y) per 31 Maret 2024. Pertumbuhan pembiayaan signifikan ini sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel.

“Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan Bank mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). CIMB Niaga terpilih sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia,” tambah Maya.

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, CIMB Niaga memiliki perhatian besar terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Perseroan bekerja sama dengan UNICEF untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.

Dengan berbagai upaya dan komitmen yang terus dilakukan, CIMB Niaga optimis dapat terus memberikan pelayanan terbaik dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.