CIMB Niaga dan Pemko Medan Jalin Kerja Sama Dukung Digitalisasi UMKM Melalui OCTO Merchant

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) telah menjalin kerja sama yang bersejarah dengan Dinas Koperasi UKM Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) dalam upaya membina dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Medan. Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi, dan Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, di Tiara Convention Center, Kota Medan, pada Rabu (18/10/2023).

CIMB Niaga
Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi (kanan) bersama Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution (kiri) pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara CIMB Niaga dan Pemerintah Kota Medan tentang Pembinaan dan Pengembangan UMKM yang berlangsung di Tiara Convention Center, Medan, Rabu (18/10/2023).

Dalam rangka kerja sama ini, CIMB Niaga telah menyediakan aplikasi OCTO Merchant yang akan menjadi salah satu kendaraan utama dalam percepatan digitalisasi merchant UMKM, meningkatkan literasi transaksi non tunai, serta memperluas penerimaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bagi UMKM yang bekerjasama dengan Pemko Medan. OCTO Merchant sendiri adalah sebuah aplikasi mobile khusus yang dipersembahkan oleh CIMB Niaga untuk mendukung transaksi pembayaran bagi para merchant yang telah bermitra dengan bank ini.

Pada acara peresmian kerja sama ini, Noviady Wahyudi, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, mengungkapkan rasa terhormat bank tersebut bisa menjalin kolaborasi dengan Pemko Medan, yang dikenal memiliki perhatian besar terhadap pengembangan UMKM di wilayahnya. Wahyudi menekankan bahwa kerja sama ini sejalan dengan upaya CIMB Niaga untuk terus mendukung pemerintah dalam menyediakan fasilitas pembayaran secara digital, memperluas inklusi keuangan, serta meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Bank ini yakin bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat besar bagi para pelaku UMKM di Kota Medan.

Noviady Wahyudi juga menjelaskan keunggulan OCTO Merchant, “Kami mendorong para pemilik merchant UMKM untuk menggunakan OCTO Merchant yang memiliki banyak keunggulan. Antara lain, aplikasi mudah digunakan, dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi uang elektronik/perbankan melalui QRIS, info promo yang lengkap, hingga menyediakan laporan penjualan terkini yang bisa dilihat secara real-time sehingga proses administrasi penjualan semakin mudah dan efisien.”

Bagi para merchant UMKM yang tertarik untuk menggunakan OCTO Merchant, prosesnya sangat sederhana. Mereka dapat mengunduh aplikasi OCTO Merchant di Play Store dan melakukan pendaftaran menggunakan fitur Online Onboarding yang telah disediakan di dalam aplikasi. Proses pendaftaran menggunakan fitur tersebut mudah, dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan tenaga sales atau harus datang ke kantor cabang, sangat cepat, dan sangat praktis karena semua proses menggunakan aplikasi tanpa perlu mesin Electronic Data Capture (EDC).

Data Bank Indonesia per Juni 2023 mencatat bahwa jumlah pengguna QRIS di Indonesia telah mencapai angka yang mengesankan, yaitu 26,7 juta merchant, dengan 91,4% dari jumlah tersebut adalah UMKM. Noviady Wahyudi optimistis bahwa dengan terus dilakukannya edukasi dan akuisisi merchant, jumlah merchant yang menggunakan QRIS di masa mendatang akan terus meningkat. Hal ini diharapkan akan membuat masyarakat semakin mudah bertransaksi secara non tunai, mengikuti tren global yang semakin mengadopsi pembayaran digital.

Kerja sama antara CIMB Niaga dan Pemko Medan ini memberikan angin segar bagi para pelaku UMKM di Kota Medan. Dengan dukungan dari OCTO Merchant, para UMKM di wilayah tersebut akan semakin siap untuk menghadapi era digitalisasi transaksi pembayaran. Kolaborasi ini juga membuktikan komitmen CIMB Niaga dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui peran aktifnya dalam pengembangan sektor UMKM.

Pemerintah dan sektor swasta, seperti CIMB Niaga, semakin menyadari pentingnya mendukung UMKM di era digital ini. Diharapkan kerja sama serupa dapat terus muncul di berbagai daerah di Indonesia, sehingga para pelaku UMKM dapat terus tumbuh dan berkembang dalam era ekonomi digital yang semakin maju.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here