Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Cara Mendapatkan Penghasilan TambahanAnda sering menghadapi masalah finansial? Pengeluaran tidak sepadan dengan pendapatan? Apabila kerap menemui permasalahan seperti ini, coba saja untuk mengeksplorasi kemampuan Anda dengan mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan ini bisa bermanfaat untuk menambah kantong uang Anda. Siapa tahu dari penghasilan tambahan ini, Anda malah bisa membuka usaha sendiri. Cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mendapat penghasilan tambahan. Kami akan berikan tipsnya.

1. Jasa les privat

Apabila Anda masih memiliki banyak waktu luang seusai bekerja, manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan les privat. Pakailah ilmu selama Anda kuliah atau SMA. Buka-buka kembali catatan dan pengetahuan Anda saat duduk di bangku sekolah. Anda juga dapat menjadi guru privat bagi murid-murid sekolah dasar (atau di tingkat yang lebih tinggi) dan hanya mengajar pada akhir pekan sehingga tidak mengganggu jadwal kerja Anda. Tak hanya kemampuan akademis, kemahiran dalam olahraga atau musik juga dapat menjadi bekal untuk mendaftar menjadi guru olahraga atau guru musik paruh waktu.

2. Jasa penyewaan

Punya aset berupa rumah, mobil atau ruko? Benda-benda tersebut tak terpakai? Sebaiknya Anda sewakan saja aset tersebut kepada orang lain. Hasil dari penyewaan tersebut bisa Anda gunakan sebagai penghasilan tambahan. Jika rutin dilakukan, uang akan datang dengan sendirinya kepada Anda tiap bulan. Anda memiliki asetnya, Anda memperoleh keuntungannya.

3. Fotografi

Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi dan gemar memotret obyek, manfaatkan kemampuan kalian untuk memperoleh penghasilan tambahan. Anda bisa menyewakan jasa ini untuk mengabadikan momen-momen penting. Misalnya, foto pre wedding, foto acara perusahaan, foto makanan untuk diletakkan di menu dan lain sebagainya. Gunakan relasi dan sosial media Anda sebagai sarana untuk berpromosi. Jika merasa sudah mahir, Anda dapat melangkah untuk mengerjakan proyek foto yang lebih besar. Selain itu, karya-karya yang Anda hasilkan di luar acara-acara di atas juga dapat menghasilkan uang, yakni dengan cara dijual ke majalah atau media cetak atau digital lainnya.

4. Jasa penulisan

Sama halnya dengan fotografi, jasa penulisan ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang diberi keahlian untuk menulis. Menjadi penulis lepas adalah salah satu cara ampuh mendapat penghasilan tambahan. Anda dapat mencoba untuk bekerja paruh waktu sebagai penulis di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan untuk konten situs, bahan promosi, hingga deskripsi produk. Beberapa orang bahkan ada yang sukses hanya dengan menjadi penulis paruh waktu. Jika Anda hobi jalan-jalan, tak ada salahnya untuk mengirimkan karya tulisan Anda ketika mengunjungi suatu tempat ke majalah traveling.

5. Desain web

Mengingat hampir semua jenis bisnis saat ini membutuhkan keberadaan website sebagai salah satu cara promosi, maka seseorang dengan kemampuan untuk mendesain website banyak dicari oleh para pebisnis ini. Kelebihannya, Anda bahkan tidak perlu keluar rumah untuk menggeluti pekerjaan paruh waktu ini.

3 COMMENTS

  1. Dari kesemua poin yang dijelaskan diatas, menurut saya banyak sekali yang membutuhkan orang yang memiliki keahlian di bidang tersebut, terutama untuk jasa penulis dan desain web dimana pebisnis online banyak yang membutuhkan jasa ini tentunya.

    nice artikel, sangat membantu sekali bagi seorang pemula..:)

  2. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, cara- cara yang dipaparkan diatas juga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mendapatkan uang tambahan. Trims sudah share artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.