Branding Talk for TOP Brand Achievers: Tren Branding di Tahun 2024

Marketing.co.id – Berita Marketing | Majalah MARKETING dan Frontier sukses menyelenggarakan acara Branding Talk for TOP Brand Achievers di Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, Selasa (6/2). Mengusung tema “Branding Trend In 2024 And Beyond”, acara ini menghadirkan Founder Top Brand Handi Irawan sebagai pembicara utama.

Dalam kesempatan tersebut, Handi Irawan membahas secara mendalam 7 tren dalam strategi branding, antara lain the decline of the strongest, continual decrease of brand loyalty, creative channel is the most effective strategy, the power of umbrella brand, shifting focus from functional to emotional benefit, quality oriented customers build sustainable top brands, dan the rise of corporate & retail branding.

Baca Juga: Pelajaran Menarik dari TOP Brand

Acara yang dihadiri lebih dari 100 peserta pemenang TOP Brand Award tersebut berjalan seru dan interaktif, di mana para peserta saling berbagi pengalaman terkait strategi branding yang telah mereka lakukan. Ada juga peserta yang bertanya keheranan karena penjualan salah satu produknya meningkat setelah ada logo TOP Brand dalam kemasannya. Padahal, tidak gencar menjalankan promosi seperti yang dilakukan kompetitor.

Menurut Handi Irawan, logo TOP Brand saat ini telah banyak digunakan oleh perusahaan karena menjadi simbol kepercayaan konsumen. Berdasarkan survei yang dilakukan Frontier, 7 dari 10 responden (70%) mengatakan paling sering melihat logo TOP Brand dibanding penghargaan lainnya.

Baca Juga: Logo TOP Brand, Simbol Kepercayaan Konsumen

Sebanyak 90% responden juga semakin percaya kepada brand ketika melihat logo TOP Brand. Bahkan, 60,5% responden menyatakan minatnya untuk membeli brand yang menggunakan logo TOP Brand.

TOP Brand sendiri memberikan arti penting bagi kompetisi brand di pasar. Banyak sekali brand-brand yang tadinya popular kemudian lambat laun turun, bahkan hilang dari peredaran. Dinamika brand-brand di pasar menunjukkan bahwa kompetisi antar brand di pasar semakin tinggi.

Bukan hanya sesama kategori produk, namun juga dengan kategori produk lainnya. Itulah sebabnya, perusahaan yang menggunakan logo TOP Brand bukan hanya digunakan sebagai sarana promosi semata, tetapi juga untuk membangun kepercayaan konsumen.

Baca Juga: Raih TOP Brand, Penjualan Kasur INOAC Meningkat

Pada akhirnya, meraih TOP Brand menjadi kebanggan tersendiri bagi perusahaan karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan penjualan. Brand yang mendapat predikat TOP Brand adalah wujud dan bukti kepercayaan konsumen atas brand tersebut.

Sebagaimana terungkap dalam survei, sebanyak 9 dari 10 konsumen percaya pada brand atau produk yang ada logo Top Brand. Ini membuktikan kuatnya pemberian logo Top Brand pada sebuah brand atau produk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.