Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Biznis.id Bantu Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia

Marketing.co.id – Berita UMKM | Untuk lebih berkembang secara optimal UMKM bukan hanya perlu dukungan permodalan, namun juga pengetahuan bagaimana cara mengelola bisnis dengan benar.Biznis.id menawarkan bimbingan mengenai pembentukan dan pengembangan bisnis bagi para UMKM di tengah perkembangan teknologi saat ini agar UMKM di Indonesia lebih berdaya dan andal. Solusi dari Biznis.id berupa pembelajaran bisnis melalui platform digital dan disampaikan oleh para praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis.

Founder Biznis.id, Budi Satria Isman mengatakan, potensi UMKM di Indonesia sangat prospektif, terutama dilihat dari jumlah yang sangat besar. Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

“Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha. Sementara itu kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha. Melihat data tersebut, UMKM sangat bisa berkontribusi untuk kemajuan Indonesia.”

Baca juga: Danone Specialized Nutrition Gelar Program Pelatihan UMKM di Masa Pandemi

Lebih lanjut Budi mengatakan, UMKM yang akan memulai atau mengembangkan bisnis perlu memahami banyak hal terutama dalam hal business skills, pemahaman terhadap market, permodalan, penggunaan teknologi, pengetahuan terhadap finansial, legalitas, dan pengembangan jaringan/networking.

Biznis.id

Muhamad Pandu Rosadi, salah satu pengguna Biznis.id

Hal-hal penting di atas dapat dipelajari dengan mudah melalui platform pembelajaran bisnis secara digital, Biznis.id. Harapannya, UMKM di Indonesia memiliki business skill yang baik sehingga dapat berkembang dan memiliki bisnis yang profitable dan sustainable.

Founder Biznis.id, Baskorohadi Sukatmo menjelaskan, Biznis.id adalah platform pembelajaran bisnis secara digital yang memberikan bimbingan mengenai pembentukan dan pengembangan bisnis yang disampaikan oleh para mentor yang merupakan praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis.

“Ada beragam kelas pembelajaran di Biznis.id, mulai dari fundamental bisnis seperti Smart Business Map dan Value Creation sampai dengan bidang spesifik; Finance & Human Capital seperti Managing Working Capital, Cashflow Management, Understanding Financial Report, Smart Interview, Coaching Skills. Peluncuran kelas baru akan terus berlanjut untuk memperkuat pemahaman fundamental bisnis serta melengkapi spesifik skills para entrepreneur.“

Beragam program gratis: CEO Talk, Biznis Forum, Biznis Q&A, Free Mentoring sejak digulirkan, telah diikuti oleh lebih dari 5200 peserta dalam lebih dari 150 live events senilai Rp 550 juta. Ini merupakan bentuk nyata sumbangsih Biznis.id kepada pengembangan wirausaha Indonesia.

Baca juga: CEO Trans Shopping Mall Group : Lead by Example dan Life Saver 

Beragam materi pembelajaran/pelatihan skill disampaikan oleh para mentor yang merupakan praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis antara lain Budi Satria Isman (Business& ManagementExpert – Former CEO Sari Husada (Part of Danone Group) dan Group Director Coca Cola Amatil), Roy Soeradji (Retail Management & FMCG Expert – Former Operations Director Hero Supermarket), Dodi Nurzani (Human Capital Expert – Former COO Tiga Serangkai Group), dan Yoyok Rubiantono (Digital Marketing Expert – Founder/Chairman PT Yoshugi Media).

CEO dan Co-Founder Miranda Moda Indonesia, Muhamad Pandu Rosadi, menyampaikan, sebagai pengguna solusi dari Biznis.id, dia merasa terbantu untuk meningkatkan skill dalam mengelola Miranda Moda Indonesia. Miranda merupakan perusahan kreatif yang menaungi merek modest fashion, Ria Miranda.

“Saya mendapatkan banyak insight dari sisi pengembangan brand, memahami laporan keuangan dan mengelola sumber daya yang dimiliki. Saya berharap lebih banyak UMKM lagi yang meningkatkan skillnya di Biznis.id sehingga lebih banyak UMKM yang berhasil,” tuturnya.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top