Bincang PERSpektif Trakindo Dorong Transformasi Digital di Industri Alat Berat

 

Marketing.co.id — Berita Marketing | PT Trakindo Utama (Trakindo) menggelar acara Bincang PERSpektif dengan tema “Transformasi Digital untuk Performa Bisnis Optimal”. Acara ini diinisiasi untuk memberikan dukungan dan kolaborasi dalam menjawab tantangan serta peluang yang dihadapi industri di era disrupsi teknologi.

Yulia Yasmina, Chief Administration Officer Trakindo, menyampaikan bahwa Trakindo berkomitmen untuk mendukung peningkatan produktivitas pelanggan di tengah perkembangan teknologi. “Trakindo menyadari perkembangan teknologi ini tidak hanya berpotensi merombak industri, tapi juga mengubah aspek kehidupan manusia. Bincang PERSpektif menjadi wujud dari komitmen ini, membahas isu-isu krusial dengan fokus pada Transformasi Digital,” jelas Yulia.

COO & Co-founder Corporate Innovation Asia Consulting (CIAS) M. Taufik Mardian menyoroti peran krusial transformasi digital bagi perusahaan dalam bersaing dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Namun, ia juga mencatat bahwa sebagian besar transformasi digital belum mencapai tujuannya. “Memulai transformasi digital bukanlah hal yang mudah. Peran manajemen dalam membangun pemahaman dan keterlibatan karyawan sangat krusial,” ungkap Taufik.

Etot Listyono, Ketua Umum PAABI, mengakui pentingnya transformasi digital di industri alat berat. Hasil survei internal PAABI menunjukkan bahwa 100% responden setuju transformasi digital berpengaruh pada performa bisnis. Meskipun demikian, hanya 54% yang berhasil mengimplementasikannya secara maksimal, dengan beberapa kendala seperti keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil.

Trakindo sendiri telah mengembangkan aplikasi untuk mendukung transformasi digital. Ari Widayanti, Manager Digital & Information Technology Trakindo, menjelaskan aplikasi internal dan eksternal yang difokuskan pada e-commerce, konektivitas, dan produktivitas. Komunikasi dan koordinasi kunci utama dalam membangun pemahaman antara perusahaan dan pelanggan.

Adapun transformasi digital yang dilakukan Trakindo untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Aplikasi tersebut berfokus pada tiga aspek utama, yaitu e-commerce, connectivity, dan productivity. E-commerce, Trakindo menghadirkan Parts.cat.com untuk penjualan suku cadang resmi Caterpillar yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan di Indonesia.

Selain itu, Connectivity menghadirkan aplikasi VisionLink untuk membantu pelanggan dalam mengelola unit alat beratnya, sehingga jam operasional maksimal, biaya operasional rendah, dan pengoperasian optimal. Productivity, menghadirkan CAT Inspect yang berfungsi untuk mengunduh dan menyelesaikan inspeksi yang dilengkapi dengan opsi foto, video, dan komentar.

Sedangkan aplikasi THRU, yang mencakup informasi dan administrasi perusahaan, dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Ferry M. Butarbutar, General Manager Human Resources Trakindo, menekankan pentingnya konsistensi dalam membangun pemahaman karyawan terhadap sistem aplikasi.

Bincang PERSpektif Trakindo dan langkah-langkah transformasi digital yang telah diambil diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain. Acara ini menjadi wadah diskusi dan peningkatan pengetahuan bersama, menjadikan transformasi digital sebagai faktor kunci untuk perkembangan bisnis yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.