Bank OCBC Indonesia Tutup Tahun 2023 dengan Kinerja Solid, Peningkatan Laba Bersih Sebesar 23%

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC Indonesia) mengumumkan pencapaian kinerja yang solid untuk tahun 2023, menandai peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Dalam pengumuman resminya hari ini, Bank mengungkapkan bahwa laba bersihnya mencapai Rp4,1 triliun, naik 23% dibandingkan dengan Rp3,3 triliun pada tahun sebelumnya.

bank ocbc indonesia

Presiden Direktur OCBC Indonesia, Parwati Surjaudaja, menyatakan kebanggaannya terhadap pencapaian tersebut, mengatakan, “Kami menutup tahun 2023 dengan kinerja yang solid. Kinerja positif ini didorong oleh pertumbuhan kredit sebesar 12% YoY, dengan kualitas kredit yang tetap terjaga baik. Hasilnya, rasio imbal hasil ekuitas (ROE) meningkat menjadi 12,0% pada akhir tahun 2023, dengan total aset Bank mencapai Rp250 triliun.”

Salah satu indikator kekuatan Bank adalah rasio kecukupan modal atau CAR (Capital Adequacy Ratio) yang mencapai 23,7%, jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan oleh regulator. Likuiditas Bank juga terjaga dengan baik, ditunjukkan oleh Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 206,2%, melampaui ketentuan regulator.

Dalam sektor dana pihak ketiga (DPK), Bank mencatatkan total DPK sebesar Rp182 triliun, dengan rasio CASA (Current Account Savings Account) mencapai 55,8%. Pertumbuhan dana tabungan mencapai 14,6% YoY, mencerminkan kepercayaan nasabah terhadap layanan dan produk Bank.

Pentingnya digitalisasi dalam layanan keuangan terlihat dari pertumbuhan jumlah transaksi melalui e-channel yang mencapai 32% YoY. Pengguna aktif untuk internet banking dan OCBC Mobile juga meningkat sebesar 26% dibandingkan tahun 2022, mencerminkan adopsi yang positif dari nasabah terhadap inovasi digital Bank.

Tak hanya dalam kinerja keuangan, OCBC Indonesia juga mendapatkan pengakuan dari lembaga pemeringkat Fitch Ratings Indonesia pada Desember 2023. Bank meraih peringkat ‘AAA(idn)/Stabil’, menandakan tingkat kepercayaan tertinggi yang diberikan oleh lembaga tersebut.

Parwati Surjaudaja menambahkan, “2023 merupakan tahun bersejarah bagi OCBC Indonesia. Selain mencatatkan kinerja positif dan berkelanjutan, kami juga mengukuhkan komitmen kami dengan mengubah logo dan nama merek Bank menjadi OCBC. Transformasi ini memperkuat dedikasi kami dalam menyediakan layanan keuangan komprehensif, memanfaatkan sinergi dengan OCBC Group dan menggabungkannya dengan kekuatan lokal yang kami miliki.”

Prestasi OCBC Indonesia tidak hanya diakui secara nasional, tetapi juga mendapatkan penghargaan internasional, termasuk penghargaan “The Bank of the Year-Indonesia” dari Majalah The Banker, yang merupakan bagian dari Financial Times Group, selama enam tahun berturut-turut. Keberhasilan ini menunjukkan apresiasi industri terhadap komitmen Bank dalam menyediakan solusi keuangan terbaik bagi nasabahnya.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.