Bersatu untuk Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

Marketing.co.id — Berita Lifestyle | PT Unilever Indonesia Tbk. terus memperkuat kemitraan strategisnya dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan dalam mendukung upaya perlindungan dan pemberdayaan perempuan di Indonesia. Melalui sinergi ini, mereka menyelenggarakan seminar dan pelatihan “Pekan Agama dan Perempuan,” melibatkan lebih dari 900 peserta di 7 kota.

Dalam rangka memperingati Hari Ibu 2023, Pusat Studi Islam, Perempuan, dan Pembangunan (PSIPP) ITB Ahmad Dahlan, dengan dukungan Unilever Indonesia, menggelar kegiatan tersebut. Seminar dan pelatihan fokus pada edukasi isu kekerasan seksual dan pemberdayaan ekonomi perempuan. Hal ini sejalan dengan komitmen Unilever dan ITB Ahmad Dahlan untuk menjadi bagian dari solusi terhadap tantangan perlindungan dan pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Menyikapi data dari Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan yang mencatat tingginya kasus kekerasan berbasis gender di tahun 2022, seminar ini bertujuan memberikan pemahaman lebih luas tentang isu kekerasan seksual dan gender. Dr. Yayat Sujatna, Rektor ITB Ahmad Dahlan Jakarta, menyatakan, “Seminar dan pelatihan ini menggarisbawahi pentingnya alokasi dana zakat untuk para korban kekerasan. Harapan kami, kegiatan ini dapat mendorong perempuan penerima manfaat untuk menjadi lebih berdaya.”

Adi Musharianto, Ketua Satuan Tugas Pencegahan & Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) ITB Ahmad Dahlan Jakarta, menekankan pentingnya pemahaman luas terkait isu kekerasan seksual dan gender. “Pelatihan seperti ini diperlukan untuk menjembatani kesenjangan pemahaman masyarakat. Setiap ucapan, tindakan, dan sikap juga dapat menjadi bentuk kekerasan seksual dan gender,” ungkap Adi.

Kristy Nelwan, Head of Communication and Chair of Equity, Diversity & Inclusion (ED&I) Board Unilever Indonesia, menyampaikan bahwa Unilever berkomitmen dalam penghapusan diskriminasi dan stigma, termasuk kekerasan seksual pada perempuan. “Kami yakin program-program seperti ini menjadi kontribusi penting bagi terwujudnya lingkungan yang adil dan inklusif di Indonesia, tak terkecuali bagi perempuan.”

Kemitraan jangka panjang antara Unilever Indonesia dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ITB Ahmad Dahlan melibatkan berbagai bidang, termasuk kewirausahaan, pendidikan, dan dukungan bagi perempuan korban kekerasan. “Dengan tujuan terus bertumbuh bersama Indonesia, kami berharap kemitraan ini memberikan dampak yang lebih besar lagi bagi masyarakat luas,” tutup Kristy.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.