Belanja iklan mobile di China diprediksi akan mencapai lebih dari 700 miliar dolar AS pada tahun 2012 mendatang dan angkanya akan meroket menjadi sekitar 1,4 triliun pada tahun 2015. Demikian prediksi yang dikeluarkan oleh eMarkerter. Belanja iklan mobile di China merupakan yang tertinggi dibandingkan negara BRIC lainnya.
BRIC merupakan singkatan dari Brazil, Rusia, India, dan China. Keempat negara ini merupakan kekuatan ekonomi baru di dunia. Pertumbuhan pengguna mobile internet di BRIC telah stabil dan sekarang fokus pertumbuhannya mengarah pada mobile internet dan iklan mobile.
Belanja iklan mobile di negara BRIC memang menunjukkan peningkatan seiring pesatnya pertumbuhan pengguna mobile internet di empat negara tersebut. Pengguna mobile phone di China menurut prediksi eMarketer mencapai 371,2 juta orang akhir tahun 2011, dan akan mencapai 600 juta pengguna pada tahun 2015. Dengan demikian China akan menjadi pasar terbesar di dunia untuk mobile internet.
Di Rusia, penetrasi mobile internet akan mencapai 29% tahun ini, dan akan meningkat menjadi 36% tahun 2015. Sementara pertumbuhan mobile internet di India dan Brazil lebih dahsyat lagi dengan pertumbuhan tiga kali lipat. Penetrasi mobile internet di India yang tahun ini baru 12% akan melonjak 34% pada tahun 2015. Hal yang sama juga akan dialami Brazil yang pada tahun ini penetrasi mobile internetnya telah menembus angka 11%
Bagaimana dengan Indonesia?Indonesia yang diramalkan akan menjadi kekuatan ekonomi baru di masa depan, sehingga BRIC menjadi BRICI (Brazil, Rusia, India, China, dan Indonesia) juga menunjukkan tren yang positif. Belanja iklan mobil di Indonesia menurut Adstars, Yahoo mobile, Buzzcity diperkirakan akan meningkat 50% persen, dari sekitar 20 juta dolar AS tahun 2012 menjadi sekitar 40 juta dolar AS pada tahun 2012. (tony burhanudin/www.marketing.co.id)