Portal Lengkap Dunia Marketing

XX N

Bayar Denda JKN-KIS Kini Bisa Lewat Tokopedia

Marketing.co.idTokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama yang menghadirkan layanan pembayaran denda Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), salah satu program BPJS Kesehatan.

Kerjasama dengan BPJS bukanlah yang pertama kali. Pasalnya, sejak tahum 2018, Tokopedia menerima layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Bahkan jumlah bulanan pengguna yang membayar iuran mencatatkan kenaikan hampir 2,5 kali lipat hingga akhir 2019.

COO Tokopedia, Melissa Siska Juminto, mengatakan, pihaknya terus mendukung upaya pemerintah membantu masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan.

“Dengan kemudahan dalam membayar denda layanan Program JKN-KIS ini, Tokopedia berharap masyarakat, terutama peserta yang mengalami keterlambatan dalam membayar iuran namun harus menjalani rawat inap, semakin terbantu dalam membayar denda tersebut,” imbuhnya.

Menurut Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso, layanan ini akan memberikan kemudahan dan kecepatan kepada masyarakat dalam pembayaran denda layanan Program JKN-KIS. “Apabila denda layanan ini sudah dibayar dengan cepat maka peserta akan lebih mudah mendapatkan layanan rawat inap,” ucapnya.

Peserta mendapatkan informasi jumlah nominal denda layanan yang harus dibayar dari Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) misalnya rumah sakit atau klinik utama, peserta bisa membuka situs atau aplikasi Tokopedia dan memilih layanan BPJS, pilih BPJS Denda, lalu masukan Nomor Kartu Peserta dan pilih Cek Tagihan.

Peserta bisa langsung membayar melalui berbagai pilihan metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia. Setelah membayar, bukti pembayaran bisa diberikan kepada rumah sakit atau klinik utama.

Namun, Kemal menghimbau masyarakat agar tidak terkena denda layanan ini untuk rutin membayar iurannya setiap bulan, jangan sampai terlambat. Sakit tidak ada yang tahu, apalagi jika ternyata harus di rawat inap.

BPJS Kesehatan sudah menetapkan, per 1 September 2020, peserta pekerja bukan penerima upah atau mandiri wajib membayar iuran secara autodebet. “Kami sudah siapkan kanal-kanal autodebet termasuk di Tokopedia. Untuk itu segera daftar autodebet agar tidak lupa membayar iuran dan meminimalisir terkena denda layanan,” tambah Kemal.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top