Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

3 Strategi Mempertahankan Pelanggan

Marketing.co.id – Banyak perusahaan yang mengandalkan cusmtomer service atau layanan pelanggan untuk mempertahankan pelanggannya. Berbagai cara dilakukan oleh mereka agar strategi yang dijalankan berjalan dengan baik dan efektif, seperti dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas tinggi serta ketepatan waktu pada saat pengiriman barang ke tangan para pelanggannya.

Jadi, bagaimana Anda bisa meyakinkan pelanggan bahwa Anda  menginvestasikan waktu dan uang Anda ke dalam bisnis? Pastikan bahwa itu adalah bagian dari rencana layanan pelanggan Anda. Berikut 3 strategi mempertahankan pelanggan yang bisa Anda coba!

Mengetahui industri Anda dengan baik

Mengetahui secara gamblang industri Anda tidak hanya dapat membantu Anda dalam membangun kepercayaan dengan klien Anda ketika Anda pertama kali menjalin hubungan, akan tetapi memungkinkan Anda mengantisipasi kebutuhan dan harapan pelanggan Anda juga.

Misalnya, jika Anda menemukan pesaing secara konsisten menawarkan bonus di dalam layanan mereka, Anda jangan berharap pelanggan akan bertahan dengan Anda jika tidak melakukannya juga. Mungkin yang lebih penting adalah dengan mengetahui seluk beluk industri, itu akan membedakan bisnis Anda dengan pesaing dan menunjukkan mengapa layanan pelanggan Anda lebih unggul daripada  pesaing.

Bangun hubungan yang erat 

Bahkan, ketika Anda melakukan pekerjaan untuk orang yang Anda layani, mereka mungkin tidak ingin bekerja dengan Anda lagi di kemudian hari jika mereka tidak merasa dekat  dengan Anda. Untuk membangun sebuah hubungan, keluarlah dan cari tahu tentang kehidupan pelanggan Anda, sehingga Anda dapat mengetahui apa yang terjadi di dunia mereka. Ketika Anda dapat menjalin hubungan antara diri sendri dan orang yang anda layani, hal ini akan dapat mempertahankan mereka untuk jangka  panjang.

Sering berkomunikasi

Untuk memastikan bahwa kebutuhan dan harapan setiap orang terpenuhi, buatlah jadwal rutin pertemuan yang rutin dengan mereka untuk memantau/mengetahui kemajuan proyek apapun yang sedang anda kerjakan. Misalnya Anda bisa memanfaatkan internet dan media sosial untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Sehingga, mereka dapat berbagi ide dan mengajukan pertanyaan dimana pun dan kapanpun mereka berada.

Sumber: 4bn.co.uk

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top