Bank Asal Thailand Incar Transaksi Digital di Jawa Timur

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Industri keuangan Indonesia rupanya sangat menarik bagi perusahaan-perusahaan keuangan dari negara Asean. KBank, lembaga finansial regional asal Thailand dilaporkan akan meluncurkan produk dan solusi digital inovatif.

Dalam peluncurkan tersebut KBank berkolaborasi dengan Bank Maspion. KBank adalah pemegang saham mayoritas Bank Maspion,

Keduanya akan memperkenalkan embedded finance, layanan mobile banking baru, solusi digital yang berfokus pada konsumen dan pinjaman komersial dengan imbal hasil lebih tinggi. Hal tersebut dilakukan untuk turut mengakselerasi transaksi digital di Jawa Timur serta memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berkembang.

Transaksi digital di Jawa Timur mencatatkan perkembangan pesat. Pada Desember 2023, Bank Indonesia Jawa Timur mencatatkan nominal transaksi QRIS di kawasan tersebut tumbuh 174,68% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year).

Baca juga: Ekspansi ke Indonesia, KBank Asal Thailand Targetkan 3 Segmen Pelanggan

Tren ini menandakan tingginya adopsi solusi keuangan digital di kalangan konsumen serta dunia usaha. Dengan demikian, terdapat peluang untuk memperkenalkan produk dan layanan perbankan yang lebih inovatif di Jawa Timur.

Menanggapi hal tersebut, KBank bersama Bank Maspion akan memperkenalkan serangkaian solusi perbankan digital. Strategi tersebut mencakup integrasi layanan keuangan, seperti solusi faktur dalam platform digital melalui embedded finance, dengan fokus utama pada UMKM.

KBank berupaya memanfaatkan embedded finance untuk memberikan akses solusi finansial yang lebih baik dan lebih cepat bagi bisnis lokal, langsung dari platform yang biasa mereka gunakan, seperti program akuntansi.

Selain itu, KBank dan Bank Maspion tengah mempersiapkan peluncuran aplikasi mobile banking baru yang menawarkan solusi keuangan komprehensif seperti pembayaran tagihan tanpa biaya dan platform yang efisien untuk pengajuan pinjaman. Dengan pengalaman melayani lebih dari 23 juta pengguna di Thailand, Vietnam, dan Laos melalui aplikasi mobile banking K PLUS, KBank bertekad mencetak kesuksesan yang sama di Indonesia melalui Bank Maspion, sekaligus memaksimalkan laju adopsi mobile banking yang pesat dan luas di Indonesia.

KBank
KBank

Pada 2023, Bank Maspion telah menggandeng 4.655 merchant QRIS dan mencatatkan lebih dari 24 miliar transaksi. Pada akhir 2024, Bank Maspion menargetkan kerja sama dengan lebih dari 7.900 merchant QRIS untuk dapat menjangkau total minimal 12.500 merchant. Sementara itu, volume transaksi digital melalui QRIS akan ditargetkan mencapai angka Rp 150 miliar.

Strategi KBank juga mencakup perluasan basis nasabah ritel untuk rekening giro dan tabungan melalui cabang fisik dan saluran digital Bank Maspion. Bank asal Surabaya tersebut memiliki misi untuk membangun ekosistem yang berfokus pada wilayah Jawa Timur serta menarik nasabah ritel baru dengan menyediakan serangkaian solusi keuangan yang dipersonalisasi seperti pembayaran digital dan pinjaman pribadi.

Baca juga: Bank ini Jadi Salah Satu yang Paling Optimistis di Jajaran Bank Syariah

Terkait nasabah korporat, KBank mewacanakan peningkatan pinjaman korporasi untuk bisnis lokal dan bisnis di Thailand pada sejumlah industri sasaran, sekaligus memperkuat pendapatan berbasis biaya. KBank juga berencana meluncurkan pinjaman komersial dengan imbal hasil lebih tinggi dengan layanan cepat, dengan berfokus pada bisnis berkolateral memadai.

“Dengan jumlah penduduk sekitar 40 juta jiwa, atau lebih dari separuh penduduk Thailand, Jawa Timur merupakan pasar penting bagi perbankan digital. Digitalisasi layanan keuangan di Jawa Timur akan memberikan manfaat signifikan bagi jutaan warga yang mungkin belum memiliki layanan perbankan. KBank berdedikasi untuk menyediakan solusi inovatif yang memberdayakan individu dan bisnis dengan memastikan ketersediaan akses terhadap layanan perbankan yang nyaman, aman, dan inklusif,” kata Pattarapong Kanhasuwan, Executive Vice President of KBank.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.