Astrido Sabet Top Brand Award: Iklan dan Layanan Digital Sangat Penting

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Astrido menyabet Top Brand Award 2020 di kategori Dealer (Diler) mobil. Penghargaan ini membuktikan kesuksesan Astrido dalam membangun merek di tengah ketatnya persaingan. Seperti diketahui, persaingan di ranah diler mobil bukan hanya ditentukan oleh pelayanan diler, namun juga merek mobil yang dijual dan mulai munculnya penjualan mobil secara online.

Usai menerima penghargaan Top Brand, Fernando Gunawan, President Director Astrido Group mengaku sangat senang dan bangga karena menjadi salah satu peraih Top Brand. “Terima kasih kepada Frontier yang telah melaksanakan survei ini untuk seluruh diler di Indonesia,” tutur pria yang akrab dipanggil Ferry ini.

Menurut Ferry persaingan di antara merek otomotif dan diler cukup ketat, terutama setelah masuknya pemain baru dari China dan Korea. Namun dia, optimistis Toyota, sebagai salah satu merek mobil yang dijual Astrido akan tetap nomor satu di Indonesia.

Dari sisi pelayanan Astrido mengunggulkan budaya “SMILE” yang merupakan kependekan dari Satisfaction, Meaningful, Impressive, Leading, dan Excellence. “Tentunya kita mengutamakan pelayanan kepada para customer dan kepuasan dari service yang kita berikan, baik itu di sales maupun aftersales,” imbuh Ferry.

Baca juga: Toyota RAV4 PHEV Ditargetkan Terjual 300 Unit Setiap Bulannya

Digitalisasi Diler

Ferry mengungkapkan, hampir semua diler sudah masuk ke digital. Astrido sendiri memanfaatkan platform digital untuk beriklan, seperti beriklan di Google, Instagram, dan Facebook. Sekadar informasi, saat ini diler Astrido cukup aktif di situs e-commerce yang menjual mobil seperti Blibli, Tokopedia, dan JD.ID

Di sisi lain, kegiatan pemasaran yang sifatnya offline seperti pameran berkurang, terlebih saat ini kita saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menariknya, meskipun teknologi digital makin berperan, customer masih senang dilayanai secara personal. Hal ini kata Tony H Saputra, Marketing Director Astrido Group bisa atasi dengan pelayanan digital yang memasukan unsur personal touch.

“Poin penting adalah bagaimana kita bisa tetap engage dengan customer. Ini yang menjadi arah kita depan. Sekarang sudah mulai dijalankan tapi mungkin belum begitu kuat, nantinya kita akan makin fokus menggunakan kanal digital,” jelas Tony.

Astrido Daihatsu
(kiri ke kanan): Tony Burhanudin (Editor in chief Majalah MARKETING), Hartono Yarmantho (Perwakilan Top Brand Award) dan Fernando Gunawan (President Director Astrido Group) berpose usai penyerahan penghargaan Top Brand Award 2020. Astrido tahun ini kembali menyabet penghargaan untuk kategori Dealer. Foto: marketing.co.id/Lia lily.

Bercermin dari perilaku konsumen di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), diler mobil tidak akan terlalu bergantung pada keberadaan diler fisik. “Sekarang bisa dibantu dengan digital kamera 360 degree, tapi tetap saja customer ingin feel touch, sehingga menurut saya ke depan tidak perlu banyak showroom,” imbuh Tony, yang ditemui di Astrido Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu, 5 Agustus 2020.

Apakah tren belanja online juga akan terjadi di kendaraan roda empat? Menurut Ferry, hingga saat ini belum ada satu diler pun di Indonesia yang murni melayani penjualan mobil secara daring.  Kalaupun ada, yang menjual marketplace, bukan online store khusus mobil. “Pemberian diskon dalam jual beli mobil di diler perannya sangat penting. Untuk negosiasi diskon, salesman dan customer perlu bertemu langsung,” jelas Ferry.

Baca juga: Penjualannya Tergerus, Pangsa Pasar Daihatsu Justru Naik

Saat ini, Astrido Group total memiliki 31 diler dengan rincian 18 diler khusus Toyota, 8 diler khusus Daihatsu, dan 5 diler khusus Isuzu. Menyoal dampak pandemi terhadap penjualan mobil di Astrido Group, kata Ferry, pandemi menyebabkan penurunan penjualan sekitar  50% sampai 60% dibandingkan kondisi normal.

Marketing.co.id : Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.