Oleh Girish Chaturvedi, Chief Business Officer, Netcore Cloud
Merek yang didukung oleh strategi customer experience yang matang memiliki kemungkinan lebih dari enam kali lipat untuk melampaui target retensi pelanggan dibandingkan dengan merek yang tidak memprioritaskan customer experience.
Menarik, melibatkan, dan memberikan pengalaman yang konsisten di semua saluran selalu menjadi hal yang krusial bagi brand. Oleh karena itu, mereka terus bekerja keras untuk meningkatkan upaya pemasaran berbasis data dan mempersonalisasi pelanggan di semua titik interaksi. WhatsApp Business API telah muncul sebagai strategi yang terkenal dan efektif untuk mencapai hal ini di antara para brand.
WhatsApp yang awalnya dianggap sebagai aplikasi pesan sederhana, telah berkembang pesat menjadi aplikasi super dalam beberapa tahun terakhir. Dengan lebih dari dua miliar pengguna di 180 negara, platform pesan instan ini telah memperluas banyak sekali peluang bagi brand untuk berinteraksi secara efektif karena sekarang konsumen hanya perlu mengirim satu pesan singkat. Faktanya, beberapa bulan yang lalu, Meta berhasil menjalin integrasi Salesforce dengan WhatsApp Cloud API, menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh bisnis untuk menyimpan data mereka. Laporan juga telah ramai diberitakan tentang meningkatnya fokus Mark Zuckerberg pada peran yang akan dijalankan oleh WhatsApp Business API dalam memimpin pertumbuhan Meta secara keseluruhan di masa yang akan datang.
Selain memperluas jangkauan, fitur menakjubkan lainnya yang akan muncul adalah kemampuan untuk menjawab pertanyaan secara real time. Hal ini diharapkan dapat membawa konsep Chatbots selangkah lebih maju. Sementara chatbots umumnya bersifat tertutup, WhatsApp Business API akan lebih terbuka, menerapkan pendekatan gaya percakapan, yang akan menambahkan sentuhan humanis yang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, brand dapat menawarkan konsistensi, keramahan, dan percakapan yang mudah dipahami dengan menjadi lebih mudah diakses dan secara drastis meningkatkan kualitas interaksi. Manfaat lain seperti tingkat pengiriman yang lebih baik adalah bonus, oleh karena itu, lebih banyak konversi yang merupakan tujuan akhirnya.
Membuat percakapan brand menjadi “percakapan interaktif” tanpa pengalihan
Dengan kemampuan untuk berbagi berbagai format aset – foto, video, dokumen, catatan suara, dan lokasi – brand dapat memperkaya pengalaman konsumen secara keseluruhan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan tingkat pendekatan dan akses yang sangat personal ini, WhatsApp for Business API juga dapat melangkah lebih jauh dan menantang gagasan bahwa bisnis harus memiliki situs web atau aplikasi. Hal ini berlaku terutama karena semua yang dibutuhkan konsumen dapat dicapai dalam satu aplikasi super. Penasaran?
Saat ini, brand berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang tidak mulus, misalnya, pelanggan diarahkan ke situs web untuk mencari, melakukan pembelian, memberikan ulasan, atau mencari layanan after sales. WhatsApp API sekarang akan memfasilitasi bisnis untuk melakukan percakapan yang mengarah pada tindakan di dalam obrolan. Seluruh pengalaman situs web atau aplikasi – mulai dari menjelajahi penawaran produk hingga halaman checkout akhir, termasuk transaksi – dapat langsung terjadi di dalam chat. Hal ini dapat semudah mengirim pesan kepada teman melalui WhatsApp untuk memesan tiket penerbangan yang diinginkan, membuat janji temu, atau berbagi masukan dengan hanya menyentuh beberapa tombol. Semua ini dapat dilakukan di dalam obrolan atau dengan membuat aplikasi asli di dalam aplikasi dalam bentuk tab tambahan, di mana konsumen dapat menjelajah dengan mencari di tab, memilih, dan bertransaksi, kemungkinannya tidak terbatas.
Mengubah perspektif dari sudut pandang promosi
Pada bulan September 2021, WhatsApp membuka pintunya untuk bisnis, memungkinkan brand mengirimkan pesan promosi dan mengiklankan produk mereka di platformnya; karena aplikasi super ini memiliki DAU yang sangat besar dan mengumpulkan rata-rata 90% open rate yang mengejutkan. Namun, dengan meningkatnya biaya per pesan untuk brand, Meta ingin mengalihkan fokus platform untuk menawarkan utilitas dan layanan yang lebih baik dibandingkan dengan platform periklanan lainnya, di mana Facebook dan Instagram telah memonopoli sebagian besar pusat perhatian.
Utilitas dan layanan seperti pemesanan kendaraan, kurir lokal, atau belanja adalah kemungkinan lain yang sedang dipertimbangkan oleh Meta, dan memungkinkan untuk mengaktifkannya melalui beberapa pesan dalam aplikasi. Selain hemat biaya dan waktu, percakapan kontekstual melalui WhatsApp akan memastikan keterlibatan, kepuasan, dan retensi yang lebih baik dengan intervensi yang lebih sedikit.
Apakah WhatsApp for Business akan menjadi Google berikutnya?
Membayangkan kembali masa depan, API WhatsApp untuk Bisnis mengidentifikasi berbagai cara untuk memanfaatkan ” pure play search.” Saat ini tersedia untuk pengguna di Brasil, Kolombia, Meksiko, Indonesia, dan Inggris, WhatsApp for Business Search memberikan kemampuan kepada brand untuk dicari, di dalam obrolan, oleh pelanggan mereka.
Memesan sayuran bisa semudah membuka WhatsApp dan mencari aplikasi yang diinginkan untuk melakukan seluruh proses transaksi tanpa meninggalkan aplikasi, terlepas dari interaksi Anda dengan brand tersebut di waktu sebelumnya atau tidak. Implementasi ini menawarkan manfaat yang sangat besar bagi bisnis yang ingin menggunakan notifikasi WhatsApp sebagai alat penghubung ke pengguna akhir mereka.
Brand saat ini dinilai dari keseluruhan pengalaman yang mereka berikan kepada konsumen. WhatsApp Business API melampaui ekspektasi dalam hal interaksi yang lancar dan keterlibatan yang sangat personal, dan oleh karena itu tidak mengherankan jika brand-brand tertarik untuk menggunakannya, begitu juga dengan konsumen. Di masa yang akan datang, aplikasi WhatsApp lainnya yang lebih jauh namun praktis akan diintegrasikan dengan kekuatan AR dan VR untuk menyaksikan inovasi yang lebih jauh lagi. Kemunculan 5G selanjutnya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ini, dan ini hanyalah permulaan.
**Kami memahami bagaimana kompleksitas pasar modern yang terjadi sekarang dan dapat menerjemahkannya menjadi solusi real untuk bisnis Anda. Konsultasikan segera dengan team kami dengan scan barcode berikut ini: