Ampuh! Begini Cara Mendatangkan Pelanggan Pertama ke Bisnis Baru Anda

akuisisi pelanggan, mendapatkan pelanggan pertamaMarketing.co.id – Berita UMKM | Sebagai orang yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis, pertanyaan yang pertama kali muncul di benak Anda adalah bagaimana cara mendapatkan pelanggan pertama? Jawabannya tentu macam-macam, tergantung jenis usaha atau bisnis apa yang Anda miliki.

Namun, langkah pertama mendapatkan pelanggan pertama itu sama saja, apapun jenis usahanya: kenali target pelanggan, cari tahu di mana mereka menghabiskan waktu, dan raih perhatian mereka sehingga mengetahui usaha Anda. Setelah mereka membeli, pastikan Anda memenuhi janji-janji Anda.

Baca Juga: Pelanggan Puas Tapi Tak Loyal, Kok Bisa?

Berikut ini beberapa ide tentang cara mendapatkan pelanggan pertama yang mungkin akan membantu bisnis Anda berkembang dikutip SmallBizTrendz.com:

Jika Anda adalah seorang freelancer, buatlah profil di situs online yang menghubungkan antara perusahaan atau individu yang mencari kerja dengan pencari kerja seperti sribulancer.com, freelancer.com atau lainnya.

Untuk mendapatkan pelanggan pertama, Anda bisa menawarkan uji coba gratis, diskon untuk pelanggan baru, atau bekerja sesuai permintaan calon pelanggan secara gratis. Terkadang, kita harus membuktikan diri terlebih dahulu kepada mereka dengan menawarkan diskon atau melakukan pekerjaan sesuai permintaan tanpa harus dibayar.

Atau, mintalah referensi dari mantan rekan kerja, keluarga atau teman. Kita tidak akan pernah tahu siapa yang membutuhkan jasa kita, kan? Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang sesuai dengan jenis usaha yang Anda geluti untuk mendapatkan koneksi yang dapat menghasilkan pelanggan.

Baca Juga: Tantangan Terbesar Bank Digital: Akuisisi Pelanggan

Jika bisnis Anda adalah restoran atau salon kecantikan yang menargetkan pelanggan lokal, promosikan di media-media lokal. Anda bisa menghubungi media cetak atau online lokal, stasiun televisi atau radio lokal, dan mencari tahu daftar pameran yang sedang dan akan digelar di lokasi bisnis Anda berada. Cari tahu wartawan-wartawan yang biasa meliput seputar bisnis di daerah tersebut. Kemudian, beritahu dan undang mereka ke acara pembukaan usaha Anda. Mungkin mereka akan tertarik dan memasukkannya ke dalam jadwal liputan, atau bahkan Anda akan mendapatkan berita atau cerita feature tentang bisnis baru Anda.

Bermitra dengan bisnis lokal. Jika Anda membuka bisnis perawatan hewan, berkolaborasi dengan toko hewan peliharaan setempat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempromosikan bisnis baru Anda – selama mereka tidak membuka layanan perawatan. Tanyakan kepada mereka apakah Anda bisa meletakkan kartu nama atau brosur di toko mereka atau melakukan cross promotion (promosi saling melengkapi).

Baca Juga: Bagaimana Meningkatkan Retensi dan Loyalitas Pelanggan di Musim Belanja

Cross promotion telah menjadi pendekatan yang populer dan efektif untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Cross promotion mengacu pada kerja sama antara dua atau lebih brand atau bisnis untuk saling mempromosikan produk atau layanan masing-masing.

Berikut adalah cara lain menarik pelanggan pertama ke restoran:

Digital

Ciptakan kehadiran online yang kuat. Optimalkan website untuk pencarian lokal dengan menggunakan kata kunci atau SEO lokal yang berhubungan dengan bisnis atau komunitas Anda. Buatlah listing di direktori pencarian lokal, khususnya Google profil bisnis, sehingga ketika orang di daerah Anda mencari apa yang Anda jual, bisnis Anda akan muncul.

Buat daftar ulasan online di website. Setelah mendapatkan pelanggan pertama, mintalah kepada mereka untuk menulis ulasan untuk membantu membangun peringkat di Google.

Buat komunitas di media sosial. Cari tahu media sosial mana yang paling aktif digunakan target pelanggan Anda dan mulailah membuat postingan untuk membangkitkan antusiasme mereka. Anda bisa menggunakan iklan media sosial untuk manargetkan postingan tersebut sehingga orang-orang yang sesuai dengan target Anda akan melihat iklan tersebut. Nah, setelah memiliki beberapa pelanggan Anda bisa memfokuskan iklan media sosial kepada calon pelanggan yang lebih spesifik, misalnya audiens yang mirip di media sosial lainnya seperti TikTok, Facebook, dan Instagram.

Rangkul influencer. Influencer tidak harus memiliki banyak pengikut. Jika Anda menjual kosmetik misalnya, YouTuber yang membuat video seputar kecantikan bisa menjadi influencer yang tepat. Tawarkan kepada mereka sampel produk secara gratis atau undang mereka untuk mengunjungi toko atau salon dan membagikan pendapat mereka ke audiensnya.

Konten marketing melalui blogging. Buatlah blog dengan konten yang sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens Anda, tingkatkan SEO dan jangan lupa memposisikan diri sebagai seorang pakar di bidang Anda.

Kampanye email marketing. Gunakan daftar pelanggan yang sudah Anda kumpulkan untuk menyebarkan buletin atau penawaran ekslusif, membina keterlibatan dengan pelanggan melalui komunikasi langsung yang dipersonalisasi.

Manfaatkan video marketing. Anda bisa membuat video pendek menarik yang menampilkan tentang penawaran serta budaya perusahaan Anda. Kemudian, bagikan video tersebut di platform media sosial dan website untuk meningkatkan keterlibatan.

Terlibat di komunitas atau forum lokal. Berpartisipasi aktiflah dalam komunitas atau forum lokal, baik online maupun offline, untuk berbagi insight atau hanya sekadar menyampaikan saran. Dengan begitu, Anda secara halus mempromosikan bisnis melalui keterlibatan komunitas.

Lomba dan kuis online. Selenggarakan acara online seperti lomba atau kuis berhadiah untuk mendorong audiens berbagi dan interaksi. Hal ini akan meningkatkan visibilitas brand, serta menarik pelanggan potensial melalui keterlibatan media sosial.

Baca Juga: Mempertahankan Pelanggan dari Persaingan Bisnis

Membangun pelanggan pertama untuk bisnis B2B

Setelah mendapatkan pelanggan pertama, pastikan Anda memenuhi apa yang telah dijanjikan. Sebagai bisnis B2B Anda dapat meminta pelanggan mendaftar untuk menerima email, mengikuti media sosial, atau bergabung dengan program loyalitas agar mereka tetap terlibat dengan bisnis Anda. Bisnis B2B dapat meminta referensi dan testimoni dari pelanggan untuk menarik pelanggan lain.

Setelah itu, bangunlah kepuasan pelanggan pertama Anda untuk menciptakan hubungan yang langgeng. Mendapatkan pelanggan pertama akan memiliki efek bola salju yang mengarah ke lebih banyak pelanggan dan kesuksesan jangka panjang untuk bisnis Anda.

Itulah beberapa cara mendatangkan pelanggan pertama untuk bisnis baru Anda. Apakah Anda memiliki cara lain? Beritahu kami dalam kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.