Meski team bisnis komersial baru terbentuk 5 tahun lalu, Gree Indonesia yakin dan mampu dalam waktu dekat akan menjadi brand AC komersial No. 1 di pasar Indonesia
Marketing.co.id – Berita Marketing | Persaingan di pasar pendingin udara AC memang sangat ketat. Saat ini banyak sekali merek AC yang beredar di luar sana, baik dari Jepang, Korea, maupun Cina.
Mereka berlomba-lomba menggoda konsumen untuk menguasai pasar. Banyaknya brand AC yang beredar tentunya sangat menguntungkan konsumen karena semakin banyak pilihan AC yang bisa dibeli.
Dalam beberapa tahun terakhir permintaan produk AC meningkat tajam seiring dengan tren bekerja dari rumah (WFH) selama pandemi Covid-19. Data Gabungan Elektronika (Gabel) menyebutkan bahwa permintaan AC di Indonesia diproyeksikan mencapai 2 juta unit per tahun. Segmen pasar AC sendiri terbagi menjadi dua, yakni segmen komersial (korporat) dan segmen ritel (rumah tangga).
Baca Juga: Perkuat Pangsa Pasar, FLIFE Luncurkan 4 Kategoru Produk Baru
Menurut pengakuan Gree Electric Appliances Indonesia, penjualan AC merek Gree di segmen ritel trennya terus meningkat. Komposisinya 20% komersial dan 80% ritel. Namun, dalam 2 tahun terakhir pasar komersial Gree meningkat menjadi 35% dan 65% ritel. Melihat tren positif tersebut Gree pun berambisi untuk terus mengembangkan pasarnya.
Salah satu upaya Gree untuk memperkuat kehadirannya di pasar AC Indonesia adalah dengan merilis 2 seri AC wall-mounted tipe deluxe inverter. Di antaranya, produk unggulan AC deluxe inverter FreAir yang memiliki fungsi penjernih udara yang dilengkapi dengan sistem Fresh Air yaitu sirkulasi udara dua arah yang sudah difilterisasi dari debu, bau tak sedap yang ada di dalam ruangan ke luar ruangan, disaat satu tarik satu lepas ini merealisasikan pertukaran udara segar di dalam ruangan sehingga memberikan konsumen udara yang murni.
Produk FreAir ini juga dilengkapi dengan sensor kualitas udara yang dapat mendeteksi kadar karbon dioksida dan kualitas udara dalam ruangan. Produk FreAir juga memiliki teknologi terdepan di industri seperti Smart Cleaner, Light smart sensor, raja watt rendah 75 watt dan ini merupakan produk AC sehat yang harus dipilih oleh orang – orang kelas atas.
Baca Juga: Industri HVAC Berkembang Pesat, Gree Indonesia Fokus di 4 Kota
Selain produk FreAir, Gree Indonesia juga meluncurkan AC Inverter F5 yang diklaim sebagai AC deluxe inverter yang paling hemat biaya. AC Inverter F5 memiliki fitur turbo pada unit indoor sehingga dapat mendinginkan ruangan hanya dalam 2 menit saja.
Bukan itu saja, AC Inverter F5 juga memiliki fitur mode super hemat energi dimana dengan menekan sekali tombol hemat energi akan menghemat 30% dan menekan tombol hemat energi 2 kali akan menghemat 50%. Sebelumnya, AC ini telah memiliki fitur smart cleaner, easy removal, super senyap 19 dB dan outdoor yang tahan korosi yang menonjolkan kelebihan produk ini sebagai “AC terlaris”.
Vice President PT. Gree Electric Appliances Indonesia Will Wen mengatakan, dengan teknologi unik yang dipatenkan dan kekuatan penelitian ilmiah, Gree Indonesia tidak hanya dapat membuat AC inverter hemat energi dan ramah lingkungan, tetapi juga membuat AC inverter yang memiliki kapasitas pendinginan yang kuat, dengan karakteristik kesehatan, daya tahan, dan perawatan yang mudah.
“Tingkat penetrasi AC inverter di pasar Indonesia masih sangat rendah sehingga Gree Indonesia merilis dua seri dengan 7 ukuran produk AC inverter agar dapat memimpin perubahan pasar AC Indonesia. Sehingga, jumlah konsumen Indonesia yang sangat besar bisa mendapatkan pengalaman hidup yang lebih baik dari penggunaan AC inverter hemat daya Gree,” ujarnya dalam acara Product Launch 2022, di Pullman Jakarta Central Park, Kamis (25/8).
Sementara itu, CEO Gree Indonesia Ethan Wu menjelaskan bahwa produk Multi VRF Gree GMV banyak digemari pemilik projek dalam dua tahun terakhir, antara lain Rumah Sakit TZU CHI PIK, Apartemen TOKYO RIVERSIDE, GOLF ISLAND PIK 2, SATORIA TOWER Surabaya dan masih banyak proyek besar lainnya yang menggunakan sistem Multi VRF Gree GMV sistem untuk AC komersial mereka.
“Meskipun team bisnis komersial kami baru terbentuk 5 tahun lalu, Gree merupakan pendatang baru di pasar AC komersial Indonesia, tetapi dengan produk terbaik kami dan tim dengan filosofi kerja ‘kepuasan pelanggan adalah yang pertama’, kami yakin dan mampu dalam waktu dekat, ini akan menjadi merek AC komersial No. 1 di pasar Indonesia,” ungkap Ethan Wu penuh optimis.
Sebagai produsen AC nomor satu di dunia berdasarkan penjualan, Gree tidak hanya memiliki lini produk yang kaya dalam produk AC residensial, tetapi juga unik di bidang AC komersial. Bahkan, beberapa teknologi yang dimilikinya telah dipatenkan.
Beberapa waktu lalu, Gree terpilih sebagai merek AC No. 1 di dunia pada tahun 2021 oleh EUROMONITOR INTERNATIONAL, sebuah lembaga riset strategi pasar yang terkenal di dunia. Dalam laporan “China Central Air Conditioning Industry Research Report” yang baru dirilis juga menunjukkan bahwa pada paruh pertama tahun 2022, AC komersial Gree menduduki peringkat pertama dalam pangsa pasar. Hingga saat ini, AC komersial Gree telah menduduki peringkat pertama di pasar China selama 10 tahun berturut-turut menurut laporan tersebut.