Agar Sukses di Pasar yang Penuh Sesak

Hanya karena Anda ingin memasuki pasar yang sudah penuh sesak (jenuh) dengan pesaing bukan berarti Anda tidak bisa berhasil/sukses. Gunakan tips berikut untuk mengatasi segala rintangan.

persaingan bisnis

Anda telah mengambil langkah dan memutuskan untuk mengubah gairah Anda menjadi bisnis yang berkembang. Masalahnya adalah gairah tersebut berada pada industri yang sudah jenuh – penuh sesak dengan bisnis yang seperti Anda bayangkan.

Tidak perlu membuang impian tersebut hanya karena Anda bukan orang yang pertama yang memiliki ide. Di luar sana banyak bisnis sukses dan menjadi pemimpin industri di pasar yang jenuh dengan mengukir ceruk.

Saturasi berarti permintaan kuat

Seena Sharp, pendiri dan managing director Sharp Market Intelligence mengatakan, industri yang jenuh adalah tanda bahwa ada banyak peluang di pasar. Jika pengusaha enggan memasuki pasar yang sudah dilayanai oleh bisnis lain, konsumen akan memiliki sedikit pilihan.

Sharp menyarankan, agar berhasil setiap perusahaan harus menciptakan produk atau memberikan layanan yang berbeda atau tampil lebih baik dari pesaing.

Buat perubahan

Menurut Sharp, kunci keberhasilan dalam pasar yang sudah jenuh adalah perubahan. Perubahan adalah sinonim untuk kesempatan. Jika Anda tidak tahu apa yang berubah dengan pelanggan, pesaing, saluran distribusi, penggunaan alternatif, fitur atau lainnya, maka pelanggan akan membeli dari mereka yang melakukannya.

Memberikan nilai tambah pada layanan

Dalam setiap kursus kewirausahaan, Anda akan disarankan memilih model bisnis dan mencari cara untuk melakukannya secara berbeda atau lebih baik dari perusahaan yang ada.

“Saya memulai perusahaan konsultan media sosial tiga tahun lalu ketika iklan Facebook baru saja muncul dan bisnis akhirnya memanfaatkan media sosial sebagai saluran pemasaran yang layak,” terang Kyle Willis, CEO No to the Quo.

Jadi ia membutuhkan keunggulan kompetitif. Untuk itu, ia menawarkan low-entry, tidak ada kontrak komitmen dengan klien yang ingin mengetahui apakah media sosial adalah taktik pemasaran yang layak bagi perusahaan mereka.

“Jika klien tidak senang dengan kerja sama ini, atau mereka tidak menerima apa yang mereka harapkan, mereka tidak terkunci dalam kontrak jangka panjang dan bisa membatalkannya dengan segera. Saya ingin memastikan bahwa saya melebihi harapan mereka,” terang Willis.

Tampil beda

Bob Myhal, CEO NextHire menyarankan untuk menentukan apa yang membuat Anda berbeda dan merangkul perbedaan tersebut dengan sepenuh hati.

Tidak peduli seberapa ramainya industri Anda, bahkan jika itu penuh dengan merek-merek top, Anda dapat meraih sukses dengan menetapkan sendiri secara terpisah. Entah itu menciptakan kembali standar industri, mengambil pendekatan baru untuk model bisnis atau menawarkan sesuatu yang pelanggan tidak bisa menolak.

Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu | Sumber: OF/ Itsartmag

2 COMMENTS

  1. Bagus banget inspirasinya… Setuju… brand position dan memberi perbedaan baik produk, pelayanan dan penawaran itulah kuncinya bersaing dipasar yg banyak pesaingnya…

    terima kasih inspirasinya tim marketing.co.id 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here