Marketing.co.id – Berita UMKM | Konten video saat ini begitu diminati anak muda karena menyuguhkan tampilan visual yang dinamis. Hadirnya teknologi dan berbagai aplikasi video editor untuk smartphone kian mempermudah untuk berkreasi membuat video, bahkan bagi mereka yang pemula sekalipun.
Bca Juga: Konsumsi Konten Digital Masyarakat Indonesia Fenomenal
Melalui konten video, Anda bisa menjadi traveller vlog untuk menyuarakan ide atau berbagi informasi seperti review tempat makan, lokasi travel, hingga tempat menginap yang seru. Sementara untuk menyebarkan hasil olahan video, Anda dapat menggunakan kanal media sosial seperti YouTube, TikTok, atau Instagram.
Baca Juga: [Studi] Video, Format Konten Terbaik Mengekspresikan Kreativitas
Bagi para pemula yang ingin membuat konten video, tahap awal adalah menentukan tema video yang anti mainstream. Pembuatan video juga tidak perlu memerlukan kamera profesional, cukup dengan menggunakan smartphone. Nah, buat Anda yang ingin mencoba menjadi content creator dan masih bingung bikin konten video, silakan simak ide-ide berikut ini:
- Daily Vlog
Daily Vlog merupakan konten YouTube yang menampilkan video kegiatan sehari-hari. Konten seperti ini belakangan marak peminatnya karena hanya berisi video rutinitas setiap hari yang mudah dilakukan oleh siapa pun. Kini mulai banyak bermunculan konten daily vlog yang diunggah siswa sekolah, mahasiswa, pekerja, bahkan mereka yang sudah berkeluarga. Konten video daily vlog ini juga mengangkat tema simpel seperti a day in my life, clean with me, my after school routine, my morning-night routine, dan lain-lain. Baca Juga: Peluang Besar dalam Konten Video Singkat
- Room Make Over
Konten ini berfokus tentang penataan ruangan agar terlihat lebih bagus, rapi, dan estetis. Room make over ini juga terbilang sebagai konten yang cukup mudah dibuat dengan modal rendah. Agar lebih menarik, Anda tetap bisa mengunggahnya dengan tambahan judul “low budget”. Konten seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi sebagian orang dalam menata ruangan menjadi lebih indah.
- Review Kafe Anti Mainstream
Konten video review resto atau kafe masih sering dicari oleh netizen hingga saat ini. Apalagi jika yang diulas adalah tempat makan berkonsep unik, tematik, dan cozy, maka konten video tersebut seringkali banyak menuai pengunjung dan Like.
- Video Haul
Video haul memiliki konten berupa product review atau “memamerkan” barang yang baru saja dibeli hingga barang koleksi. Sekarang ini, mulai banyak bermunculan video haul yang menampilkan barang belanjaan dari marketplace. Video haul awalnya mendapatkan relevansi melalui komunitas vlogging kecantikan di YouTube pada tahun 2006/2007 dan kini menyebar melalui platform lain seperti Facebook dan Instagram. Video haul mungkin tidak terlalu lazim seperti dulu namun kontennya tetap bisa menginspirasi bagi sebagian orang untuk membeli produk tertentu.