
Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Menyadari pentingnya peran ibu sebagai garda terdepan dalam menjaga kesehatan keluarga, PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) kembali menyelenggarakan program GEMBIRA (Gerakan Masak Bergizi Bersama Ajinomoto Health Provider). Bertempat di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, program ini mengajak para ibu anggota PKK dari 11 kota besar di Indonesia untuk aktif menggiatkan edukasi gizi seimbang dan konsumsi garam yang bijak sebagai bagian dari gaya hidup keluarga yang lebih sehat.
Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2022, GEMBIRA telah menjangkau lebih dari 9.600 ibu PKK di berbagai daerah. Setiap tahun, program ini menghadirkan sesi edukasi gizi praktis, demo masak bergizi seimbang, serta pelatihan pengolahan makanan dengan cita rasa lezat namun tetap rendah garam. Semua ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen Ajinomoto untuk mewujudkan tujuan besarnya di tahun 2030, memperpanjang usia harapan hidup sehat satu miliar orang di dunia, termasuk masyarakat Indonesia.
“Ibu memiliki peran vital dalam menyiapkan makanan sehat dan bergizi bagi keluarga. Hari ini, kami memberikan edukasi kepada 150 ibu PKK di Pesanggrahan mengenai pentingnya asupan gizi seimbang, cara memilih makanan yang tepat melalui panduan Isi Piringku, serta mengedukasi tentang pembatasan asupan garam melalui kampanye Bijak Garam,” ujar Darmanto, Direktur PT Ajinomoto Sales Indonesia.
Ia menjelaskan, bahwa kampanye Bijak Garam menekankan pentingnya mengurangi risiko hipertensi melalui pengurangan konsumsi garam, tanpa harus kehilangan cita rasa makanan. Pengaplikasiannya sangat mudah, cukup dengan mengurangi penggunaan garam menjadi 1 sendok teh garam + ½ sendok teh MSG AJI-NO-MOTO® (contoh untuk 1 liter air/kuah dalam menu masakan).
Darmanto menambahkan, bahwa GEMBIRA merupakan bagian dari misi perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui edukasi gizi keluarga yang berkelanjutan. Setelah kegiatan di Jakarta Selatan, program ini akan dilanjutkan ke kota-kota besar lainnya seperti Semarang, Malang, Solo, Makassar, Cirebon, Medan, Samarinda, Surabaya, dan lainnya.
Acara di Pesanggrahan ini juga dimeriahkan oleh kehadiran Chef Nicky Tirta, yang tampil memukau dalam sesi demo masak dengan menu “Nasi Selimut ala Masako®”. Hidangan rumahan bergizi ini terdiri dari nasi hangat, potongan ayam berbumbu gurih, wortel, jagung, dan brokoli. Resep ini memadukan rasa, warna, dan tekstur dalam satu sajian, serta mudah dibuat di rumah menggunakan Masako® Rasa Ayam.
“Ajinomoto itu punya misi yang keren, bukan hanya soal rasa dan jualan bumbu saja, tapi juga mengedukasi masyarakat agar lebih paham soal gizi dan cara memasak yang lebih baik dan bagaimana menjaga lingkungan sekitarnya. Saya senang bisa jadi bagian dari gerakan ini,” ujar Chef Nicky Tirta.


