Panduan Strategis Membangun Strategi di Tengah Perubahan Pesat Industri Kreator

0
Tips Menjadi Seorang Freelancer Sukses
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Indonesia Creator Marketing Report 2025 by IDN Research Institute. (Dok. Internal IDN)

Indonesia Creator Marketing Report 2025 resmi diluncurkan sebagai panduan strategis untuk memahami dinamika dan peluang dalam industri creator economy di Indonesia. 

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam beberapa tahun terakhir ini, creator economy telah menjadi salah satu pendorong utama inovasi digital, tren budaya, dan pertumbuhan ekonomi. Para creator kini berperan sebagai jembatan antara brand dan audiens, membangun komunitas, serta menciptakan interaksi yang bermakna.

Pesat dan dinamisnya perkembangan industri creator ini mendorong IDN Research Institute meluncurkan Indonesia Creator Marketing Report 2025 sebagai panduan strategis untuk memahami dinamika dan peluang dalam ekosistem creator economy di Indonesia.

Indonesia Creator Marketing Report 2025 adalah laporan komprehensif disusun dengan pendekatan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini memastikan akurasi dan relevansi data. Laporan ini mengupas wawasan mendalam dengan melibatkan tiga kelompok utama dalam ekosistem creator economy, yakni:
Audiens

Melibatkan 500 pengguna aktif media sosial dari 12 kota besar di Indonesia, penelitian ini dirancang untuk memahami pola keterlibatan digital, preferensi konsumsi konten, serta peran audiens dalam membentuk tren dan komunitas daring.

Kreator

Survei mencakup 553 kreator dari berbagai level—mulai dari nano, mikro, makro, hingga selebriti. Fokus utama riset ini adalah mengidentifikasi preferensi platform, strategi konten, dan model monetisasi yang digunakan kreator dalam menghadapi tantangan industri yang dinamis.

Brand

Penelitian ini juga melibatkan 150 UMKM dan 30 brand besar untuk menganalisis bagaimana pemasaran kreator diterapkan. Fokusnya adalah memahami peran kolaborasi kreator dalam mendorong pertumbuhan bisnis dan membangun kemitraan yang berkelanjutan.

VP of ICE Hana Novitriani menyatakan bahwa Indonesia Creator Marketing Report 2025 merupakan hasil pengamatan mendalam terhadap evolusi creator economy di Indonesia. “Dalam proses penyusunannya, kami menyadari betapa pesat dan dinamisnya perkembangan industri ini, yang terus beradaptasi untuk tetap relevan. Laporan ini dirancang untuk memberikan wawasan strategis kepada para pelaku bisnis, membantu mereka memahami perubahan lanskap secara komprehensif, sekaligus memanfaatkan peluang yang muncul dalam ekosistem creator economy yang terus berkembang,” katanya.

Indonesia Creator Marketing Report 2025 terdiri dari enam bab yang membahas dimensi penting dalam ekosistem kreator Indonesia, yakni Content Creator Evolution: Perjalanan perkembangan kreator konten, Omnichannel Strategies: Strategi pemasaran digital yang efektif, The Power of User-Generated Content (UGC): Dampak UGC pada perilaku konsumen, ROI Revolution: Pendekatan baru untuk mengukur dampak kolaborasi kreator dan brand, Authenticity & Trust: Tantangan menjaga keaslian di tengah komersialisasi, dan Tech-Driven Creativity: Peran teknologi, termasuk AI, dalam mendorong kolaborasi dan inovasi.

Menurut Kania Kania Aisha Pasaman yang mewakili IDN Research Institute, laporan ini tidak hanya dirancang sebagai pedoman strategis, tetapi juga sebagai bahan diskusi yang dapat mempertemukan berbagai perspektif dari seluruh pemangku kepentingan—creatorbrand, dan audiens.

“Kami berharap laporan ini memicu kolaborasi yang lebih inklusif dan mendalam. Sehingga, semua pihak dapat bersama-sama mendorong pertumbuhan creator economy yang berkelanjutan di Indonesia,” pungkasnya.