Kisah Juli Masesa Sebagai Kreator Shopee Live: Dari Rekomendasi Produk Lokal dan UMKM hingga Sumber Penghasilan Baru
Marketing.co.id – Berita UMKM | Keberhasilan seorang kreator tidak hanya ditentukan seberapa besar audiens yang mereka raih. Tetapi, juga seberapa otentik dan berani mereka tampil dengan keunikan diri. Salah satu nama yang sedang mencuri perhatian melalui konten live streaming-nya, adalah Juli Masesa.
Wanita 33 tahun ini adalah seorang influencer sekaligus streamer Shopee Live. Gaya bicaranya yang lugas, edukatif, dan berani mengeksplorasi tren, membuatnya memiliki ciri khas tersendiri di tengah sengitnya persaingan.
Lebih dari itu, “Masesa” sapaan akrabnya, juga menjadi kreator yang mendukung keberagaman dan memberikan panggung bagi produk-produk lokal dan UMKM, khususnya dalam kategori Fashion dan Accessories seperti Tas Wanita. Kisah perjalanan Masesa menjadi salah satu bukti nyata bahwa kreator juga bisa menjadi katalisator bagi kemajuan industri lokal.
“Awalnya saya tertarik menjadi kreator Shopee karena memiliki sistem yang user-friendly, komisi yang menarik, hingga pilihan produk yang beragam, terutama dari brand-brand lokal. Saya sendiri fokus pada kategori fashion dan dari semua produk yang sering saya rekomendasikan, tas wanita menjadi produk unggulan di konten-konten saya. Saya juga pernah coba bergabung menjadi kreator di beberapa platform lain. Tetapi perjalanan menjadi kreator Shopee inilah yang membawa dampak positif terbesar dalam hidup saya,” ungkap Juli Masesa, kreator Shopee Live yang telah bergabung sejak 2023.
Dengan rata-rata 300-500 penonton setiap sesi live, Masesa berhasil menjual ribuan produk dalam satu kali tayangan. Kesuksesan ini tak hanya memberikan kontribusi besar pada penghasilan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dari berbagai aspek.
“Jelasnya, Shopee Live telah membantu saya dan keluarga mencapai stabilitas finansial, seperti dapat memiliki tabungan masa depan, hingga tabungan pendidikan untuk anak. Hal ini pun memberikan kepuasan emosional dan kebanggaan atas hasil kerja keras. Saya semakin termotivasi untuk terus berinovasi, berkembang, dan menciptakan beragam konten kreatif, dan bermanfaat untuk para audiens yang telah setia bersama,” tambah Masesa.
Menghadapi Tantangan Dunia Digital Lewat Keberanian dan Keunikan
Seperti banyak kreator lainnya, Masesa tidak lepas dari tantangan dunia digital yang sering diwarnai dengan kritik, ekspektasi tinggi, dan persaingan ketat. Tetapi dengan konsistensi, persiapan yang matang dan fokus pada keahlian menjadi kunci utama bagi dirinya. Walaupun butuh waktu untuk mencapai titik kesuksesan ini, Masesa menjelaskan dunia digital bukan hanya soal penjualan, tetapi juga tentang berbagi cerita, menyampaikan nilai, dan membangun kepercayaan dengan audiens.
Berikut beberapa strategi Masesa yang dapat dijadikan inspirasi:
Strategi Riset Pasar dan Interaksi Langsung
Menciptakan konten yang up-to-date di platform seperti Shopee Live sangat bergantung pada riset pasar yang mendalam dan pemahaman terhadap kebutuhan audiens. Secara rutin, Masesa selalu memantau tren terbaru di industri fashion, khususnya kategori tas wanita. Gaya tas terbaru, warna yang sedang populer, hingga motif atau bentuk terkini. Selain tas, Masesa juga merekomendasikan aksesoris pendukung seperti organizer tas, strap tambahan, hingga produk perawatan tas lainnya.
Masesa juga aktif mendengarkan dan melakukan interaksi langsung melalui fitur live chat di Shopee Live atau dengan membalas komentar di Shopee Video. Masesa juga rajin mempelajari terkait data analitik yang diberikan Shopee, seperti jumlah penonton, engagement, dan tingkat konversi, untuk menganalisis jenis konten hingga produk dari brand yang paling diminati audiens. Dengan mendalami dan melibatkan followers secara aktif, baik dalam konsiderasi pembuatan konten ataupun pemilihan produk yang direkomendasikan, sesi Shopee Live bisa menjadi lebih relevan dan tepat sasaran.
Teknik Promosi Lewat Pendekatan yang Personal dan Terkoneksi
Masesa sering kali berbagi cerita pribadi terkait penggunaan tas yang dipromosikannya untuk memberikan ruang bagi audiens agar merasa lebih dekat dan terhubung. Mengungkapkan mengapa tas tersebut menjadi pilihan tepat bagi kebutuhan dan gaya hidupnya. Kemudian, Masesa juga melengkapi keseruan ceritanya dengan memberikan voucher-voucher khusus untuk meningkatkan daya tarik dan perhatian audiens.
“Pendekatan ini tidak berfokus semata-mata pada penjualan, tetapi kepada kenyamanan. Tak lupa untuk menyebut nama-nama penonton yang aktif berkomentar atau bertanya saat sesi livestream berlangsung, guna menciptakan atmosfer yang lebih hangat dan terhubung secara emosional. Hal ini merupakan salah satu upaya agar penonton merasa bahwa kita saling terkoneksi. Saya harap setiap rekomendasi yang saya bagikan ini bisa membantu followers saya dalam mencari produk yang sesuai dan diinginkan,” tambah Masesa.
Mengedepankan Edukasi dan Kreativitas dalam setiap Promosi
Dalam dunia live streaming, sering kali para kreator hanya fokus pada diskon dan omzet. Padahal, menyuguhkan konten edukasi juga bisa menjadi nilai tambah. Seperti Masesa yang setiap sesi live streaming selalu penuh dengan tips praktis hingga trik menarik. Mulai dari penjelasan cara memilih tas yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan sehari-hari, perawatan tas agar tetap awet dan terlihat baru, hingga cara mix and match tas dengan outfit.
Edukasi yang dikemas dengan kreativitas ini secara tidak langsung membantu audiens mendapatkan wawasan berharga tentang dunia fashion terutama dari sosok yang mereka percayai. “Intinya adalah berani membuat tren dan hal berbeda. Setiap minggunya saya juga tidak ragu mencoba format konten baru, seperti storytelling, unboxing atau video before-and-after. Hal ini menjaga agar konten tetap segar dan menarik bagi audiens yang semakin menuntut inovasi. Tambahannya, mengambil peluang kolaborasi dengan para brand lokal terpercaya, kerja sama dengan kreator lain, maupun co-host, menjadi cara menarik menjangkau audiens yang lebih luas dan menghadirkan perspektif baru dalam konten,” tutup Masesa.
Sepanjang 2024, lebih dari 1 miliar produk UMKM terjual melalui Shopee Live. Selain itu, jumlah kreator yang bergabung juga meningkat 50% dengan durasi Shopee Live ditonton lebih dari 735 juta jam. Bagi Anda kreator YouTube, jangan lupa juga manfaatkan YouTube Shopping Affiliates, program kolaborasi YouTube dan Shopee untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyematkan link produk afiliasi pada konten video YouTube.