Rahasia Kyanavara Jadi Kreator Live Streaming Sukses, Punya Omzet Penjualan Fantastis!

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Dengan ketekunan dan kreativitas, Lungky Gardini (@Kyanavara) berhasil menjadi top kreator live streaming di Shopee Live dengan rata-rata omzet penjualan fantastis per bulan.

Marketing.co.id – Berita UMKM | Dunia digital kini semakin terbuka luas dan menjadi peluang untuk siapa saja yang ingin bertransformasi dan mengejar impian. Salah satu kisah inspiratif datang dari Kyanavara, seorang mantan karyawan korporat yang telah bekerja 10 tahun, yang berhasil menemukan jalan suksesnya sebagai seorang konten kreator.

Dengan ketekunan dan kreativitas, wanita 36 tahun asal Yogyakarta ini berhasil menjadi Top Creator live streaming di Shopee Live dengan rata-rata omzet penjualan fantastis per bulan. Tidak hanya mampu memenuhi semua kebutuhan hidupnya, Shopee Live telah menjadi jalan keluar bagi Kyanavara menuju kebebasan finansial. Bahkan, Kyanavara perlahan-lahan bisa membangun fondasi untuk berinvestasi, meningkatkan kualitas hidup, dan mencapai pencapaian yang bisa dibanggakan untuk diri dan keluarganya.

Lungky Gardini, pemilik akun @Kyanavara mengatakan, tak ada mimpi yang terlalu besar untuk dicapai. Dunia digital telah memberikan kita panggung tanpa batas. Shopee misalnya, telah menjadi rumah bagi dirinya bertumbuh. Bukan hanya sekadar tempat belanja online, tetapi juga wadah baru bagi konten kreator seperti dirinya untuk menemukan keseimbangan antara karier dan kehidupan.

“Tak menyangka juga ternyata aku berani keluar dari rutinitas sebagai karyawan dan memilih menjalani rutinitas baru sebagai kreator live streaming, serta aktif membuat konten review produk. Selain itu, aku rutin melakukan riset produk, berkoordinasi dengan tim dalam counseling dan training improvement, serta menjalin hubungan eksternal berkoordinasi dengan seller dalam hal negosiasi dan inisiatif proyek. Tidak ada kata penyesalan, justru bangga berani mengambil langkah ini dan menemukan jalan baru,” ujarnya.

Perjalanan awal Kyanavara hingga menjadi bintang live streaming di Shopee Live dimulai pada Agustus 2023. Saat itu, Shopee sedang meluncurkan program Shopee Affiliate melalui live streaming. Kya, sapaannya, sebelumnya memang sudah aktif dalam program tersebut. Setelah bertemu dan berdiskusi langsung dengan tim Shopee, Kya menjadi paham lebih rinci mengenai mekanisme Shopee Live serta berbagai keuntungan yang bisa didapatkan kreator.

Bagi Kya, Shopee menjadi platform efektif karena hampir semua perilaku penggunanya berorientasi pada pembelian. Dengan basis ini, Shopee menjadi tempat yang sangat baik untuk memasarkan atau mempromosikan produk. Bukan hanya jangkauannya yang luas, fitur dan ekosistemnya pun saling terkoneksi, serta skema komisi yang ditawarkan sangat menguntungkan. Ditambah lagi, subsidi diskon spesial yang bisa ditawarkan kepada pelanggan, sangat membantu para kreator dalam mempromosikan produk secara efektif.

Menurut Kya, awal-awal mencoba live streaming, tantangan datang silih berganti. Kya harus memahami tren dan apa yang sedang dicari audience. Banyak coba-cobanya, mulai dari fashion hingga kebutuhan sehari-hari. Bisa dibilang, hampir semua segmen coba dipasarkan. Sempat juga ingin menyerah. Tapi, karena punya banyak mimpi dan ambisi mematahkan segalanya.

“Memang benar usaha tidak ada yang menghianati hasil, pelan-pelan jerih payah ini terjawab. Kurang lebih di bulan kedua menjadi kreator Shopee, pendapatan aku sudah bisa mencukupi pengeluaran bulanan bahkan bisa melebihi pendapatan sebagai kreator dari platform sebelumnya. Bisa dibilang ini pekerjaan dengan predikat penghasilan terbesar aku!,” ungkap Kya.

Seiring berjalannya waktu, Kya akhirnya memilih fokus dan memantapkan hati di segmen Home Living. Keputusannya tersebut berhasil membangun traffic yang kuat. Peluang tersebut dimanfaatkannya dengan memperpanjang durasi live streaming dan membentuk tim dengan co-hosts hingga 24 jam non-stop. Tujuannya untuk menjaga kesinambungan siaran dengan Kya sebagai host utama selama kurang lebih 3 jam per-harinya.

Bagi Kya, Shopee Live dan Shopee Video bukan hanya soal penjualan produk, tetapi juga tentang membangun hubungan yang kuat dengan audiens, yang pada akhirnya meningkatkan loyalitas dan engagement. Pendekatan dalam menciptakan konten-konten interaktif sering kali menjadi strategi kunci untuk membangun audiens yang setia.

Berikut beberapa tips Kyanavara yang dapat dijadikan panduan dalam menciptakan konten menarik.

Memastikan Variasi, Relevansi, dan Konsistensi Konten

Dalam setiap sesi live, Kya selalu menghadirkan beberapa “hero product” yang dipilih sesuai dengan musim, tren terkini, dan relevansi audience. Misalnya, saat menjelang hari raya, produk-produk seperti toples dan oven menjadi sorotan karena banyak dicari konsumen. Namun, di luar momen-momen khusus tersebut, Kya memilih mengulas produk sehari-hari yang memang berguna dan multifungsi bagi penontonya.

Sedangkan untuk Shopee Video, Kya memiliki dua jenis konten. Pertama adalah video dengan keranjang belanja yang berisi review produk. Sementara yang ke dua, video tanpa keranjang yang lebih bersifat komedi pasangan.

Untuk video review produk, konten yang dibuat lebih hard selling dengan voice over yang mirip iklan, dan editing yang nyaman dilihat secara visual serta audio. Sedangkan untuk video komedi pasangan, konten yang dibuat lebih relate dengan audiens, diperkaya dengan editing suara dan visual untuk menjaga agar video tetap menarik. Proses pembuatan video mencakup perencanaan konten, copywritingvoice over, pengambilan video, dan editing. Dalam hal ini, Kya dibantu tim khusus.

Memanfaatkan Promo-Promo Menarik dan Layanan Pelanggan

Kya menilai bahwa memanfaatkan berbagai penawaran menarik, seperti voucher ekstra saat livevoucher video, flash sale, dan gratis ongkir, harus menjadi strategi utama. Apalagi demi memastikan daya tarik yang optimal. Kya juga memilih produk dengan harga rata-rata di bawah Rp200.000, serta tambahan Komisi Ekstra.

Untuk membangun loyalitas dan komunitas, Kya juga kerap memberikan layanan pelengkap berupa bantuan dalam mengajukan komplain barang kepada pihak seller, menawarkan harga termurah melalui negosiasi harga spesial dengan brand, serta menyelenggarakan giveaway pada event atau kampanye angka kembar. Kya juga mendorong interaksi lewat sesi tanya jawab (Q&A) hingga fitur Lelang yang membuat penonton tidak hanya aktif, tetapi juga merasa lebih urgensi untuk membeli.

Evaluasi Lewat Pemanfaatan Data

Bukan hanya meriset produk yang berkualitas, Kya juga selalu memantau data dari dashboard livestream dan video untuk mengevaluasi kinerja konten produk yang dipromosikannya. Jika suatu konten tidak menghasilkan jumlah klik dan konversi yang tinggi,  produk tersebut akan segera digantikan dengan produk lain yang lebih potensial atau mengubah cara penyampaian kontennya dengan gaya berbeda. Pendekatan berbasis data ini memastikan setiap konten yang disajikan tetap relevan dan menarik bagi audiens, serta mendukung pencapaian hasil yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here