7 Tahun Berlayar, Prestasi Membanggakan PT Pertamina International Shipping

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Pertamina International Shipping (PIS) merayakan tujuh tahun perjalanan yang penuh prestasi, menorehkan keberhasilan yang membanggakan Indonesia dan mengukir namanya di panggung dunia. Sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics dari PT Pertamina (Persero), PIS berhasil mencatat sejumlah prestasi signifikan yang melibatkan pengelolaan armada terbesar di Asia Tenggara hingga keberhasilan dalam pelayaran internasional.

CEO PIS, Yoki Firnandi, menyatakan, “Di tahun 2023, PIS mengalami transformasi sukses dengan peningkatan _revenue_ dan laba yang signifikan. Ekspansi pasar global dan rute internasional yang semakin meluas menjadi bukti nyata keberhasilan perusahaan ini.”

Berikut adalah 7 prestasi utama yang menandai perjalanan gemilang PIS:

Pengelolaan Armada Terbesar di Asia Tenggara
PIS kini mengoperasikan 329 armada tanker, menjadikannya perusahaan perkapalan dengan pengelolaan armada tanker terbesar di Asia Tenggara. Tanker raksasa seperti VLCC Pertamina Pride dan VLGC Pertamina Gas Amaryllis memperkuat posisi PIS di pasar internasional.

Distribusi Energi Nasional
Armada tanker PIS bukan hanya menggerakkan bisnis global tetapi juga mendukung ketahanan energi nasional. Setiap tahun, ratusan kapal PIS mendistribusikan minyak mentah dan BBM sebanyak 1,5 hingga 1,6 miliar liter, memastikan distribusi energi merata hingga pelosok tanah air.

50 Rute Internasional
PIS tidak hanya sukses di pasar domestik, melainkan juga di panggung internasional. Pada November 2023, rute internasional yang ditempuh oleh kapal-kapal PIS bertambah menjadi 50, membuktikan kualitas unggul pelaut-pelaut PIS di kancah global.

Unlock Value dan Kerja Sama Global
Melalui kerja sama dengan Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK), PIS menjalankan amanat Kementerian BUMN terkait _Unlock Value_, membuka peluang bisnis baru. Ekspansi ke pasar Timur Tengah melalui PIS Middle East (PIS ME) turut mendorong pertumbuhan non captive market hingga 22%.

Kinerja Keuangan dan Operasional yang Positif
Transformasi di tahun ini membuahkan hasil positif, dengan pencapaian laba sebesar US$ 138,5 juta dan _revenue_ mencapai US$ 2.625 miliar hingga Oktober 2023. PIS juga mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkat internasional Moody’s dengan peringkat investasi dan outlook stabil.

Pengurangan Emisi 200% dari Target
PIS berkomitmen pada dekarbonisasi dengan roadmap bisnis hijau. Upaya ini berhasil mengurangi emisi hingga 23,855 ton setara CO2, melebihi target sebesar 200%.

BerSEAnergi untuk Laut
Sebagai perusahaan yang berbisnis di lautan, PIS meluncurkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan “BerSEAnergi Untuk Laut.” Program ini melibatkan berbagai kegiatan, termasuk geo-tagging hiu paus, program “literaSEA” di sekolah dasar, dan penanaman pohon mangrove.

Yoki Firnandi menegaskan, “PIS tidak berpuas diri pada zona nyaman dan terus berupaya menjadi Asia’s leading shipping company. PIS akan terus meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan daya tahan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing di pasar global.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.