Marketing.co.id – Berita Ritel| Untuk mendorong belanja masyarakat di masa masa low season, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menghadirkan Indonesia Shopping Festival 2025 mulai tanggal 14 hingga 24 Agustus 2025.
Sebanyak 400 mal di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam Indonesia Shopping Festival (ISF 2025). Festival ini juga diharapkan jadi momentun untuk menggerakan kembali sektor UMKM di tengah pemulihan ekonomi nasional. Selama 11 hari penyelenggaran ISF 2025, ditargetkan terjadi transaksi sebesar Rp23,33 triliun.

Alphonzus Wijaja, Ketua Umum APPBI, mengatakan, IFS merupakan event tahunan dari APPBI. Festival belanja ini sempat berhenti karena pandemi Covid-19, dan mulai diadakan kembali sejak tahun 2022.
“Sekarang kita masuk low season periode ke dua setelah peak season pada Ramadan dan Lebaran lalu. Program festival belanja akan terus diperkuat sampai peak season kedua di Natal dan Tahun Baru,” ujar Alphonzus saat pembukaan IFS 2025 di Lippo Mall Nusantara, Jakarta, Kamis (14/08).
Dia juga sempat menyinggung fenomena yang sedang diperbincangkan, Rojali (Rombongan Jarang Beli) dan Rohana (Rombongan Hanya Nanya). Menurut Alphonzus fenomena tersebut bukan sesuatu yang baru, karena orang datang ke mal bukan hanya untuk berbelanja tapi kegiatan lainnya seperti rekeasi dan edukasi.
“Indonesia Shopping Festival 2025 menghadirkan berbagai program unggulan seperti pesta diskon besar-besaran hingga 80%, angka yang melambangkan tahun Kemerdekaan Indonesia sebagai daya tarik pengunjung. Tidak hanya itu, diramaikan juga dengan pameran produk unggulan UMKM, serta kegiatan budaya dan hiburan bernuansa Kemerdekaan yang diadakan serentak di pusat perbelanjaan,” imbuh Alphonzus.
Selama IFS berlangsung pengunjung mal juga bisa menikmati festival kuliner khas Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia, bazar produk dalam negeri & UMKM serta pertunjukan seni dan budaya yang akan diselenggarakan di sejumlah mal tertentu.
Tahun ini ISF kembali hadirkan program Big Shop Big Win yang merupakan undian belanja seluruh mal di Indonesia. Terdapat hadiah menarik dalam Big Shop Big Win yaitu, mobil EV Vinfast, iPhone 16, hingga jutaan voucher MAP.
Mekanisme belanjanya hanya dengan registrasi ke customer service di mal seluruh Indonesia dan tunjukkan struk belanja pada tanggal yang sama di mal partisipasi minimal Rp100.000,- untuk, mendapatkan 1 nomor undian.
Kemudian, pengunjung akan menerima nomor undian melalui email secara otomatis. Periode belanja berlangsung dari 1 hingga 24 Agustus 2025. Nantinya pengundian Big Shop Big Win akan diumumkan pada penutupan Indonesia Shopping Festival 2025 di Summarecon Mall Serpong pada 28 Agustus 2025.
Susiwijono Moegiarso, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekenomian sangat mengapresiasi kegiatan IFS 2025 karena bisa lebih mendorong konsumsi rumah tangga. Dia mengatakan, konsumensi rumah tangga berada pada peringkat pertama dalam lima sektor terbesar penyumbang terhadap PDB Indonesia.
“Dari 100 persen PDB Indonesia sekitar 55 persen bersumber dari konsumsi rumah tangga, public spending (pengeluaran rumah tangga), sisanya bersumber dari investasi, belanja pemerintah, konsumsi non rumah tangga, dan net ekspor,” ungkap Susiwijono.
Menyinggung fenomena Rojali dan Rohana, dengan nada bercanda dia mengaku sebagai “Rohali” (Rombongan Harus Beli) apalagi jika sedang ada program diskon. “Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih, karena ini suatu terobosan, 400 mal dan pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia termasuk mal-mal besar di Jakarta berpartisipasi, dengan target transaksi IFS Rp23,23 triliun berarti sehari sekitar Rp2,2 triliun, ini dorongan yang sangat besar untuk perekonomian Indonesia,” pungkasnya.