Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

4 Ide Cari Untung di Akhir Tahun

Marketing.co.id ─ Berita UMKM | Pandemi, banyak beraktivitas dan bekerja dari rumah, jelang hari raya dan tahun baru; bisa jadi ini saat yang tepat untuk memulai atau mengembangkan usaha, sekaligus ikut menggerakkan roda perekonomian. Tapi, kira-kira apa yang bisa menarik perhatian atau cocok untuk dikerjakan di masa seperti ini? Ide-ide berikut siapa tahu bisa menginspirasi, mendatangkan ilham, atau menjadi referensi untuk cari untung di akhir tahun, membuat usaha jelang Natal dan Tahun Baru 2021.

Jual Produk Setengah Jadi

Selama pandemi, kita jadi lebih banyak tinggal di rumah dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena itu, kenapa tidak menjajakan produk setengah jadi yang finishing-nya dapat dikerjakan secara bersama-sama? Seperti frozen food yang sudah banyak dijajakan, hidangan Natal dan Tahun Baru juga bisa dibuat versi frozen food. Memprosesnya hingga jadi makanan siap saji akan menjadi aktivitas menyenangkan bagi keluarga dan kerabat.

untung di akhir tahunSelain masakan, cookies setengah jadi juga bisa dijajakan jelang Natal. Mengurangi kerepotan membuatnya dari nol, kita bisa menjual cookies setengah jadi yang tinggal diberi sentuhan akhir dengan bahan-bahan penghias yang dibutuhkan. Menghiasnya dengan cokelat atau icing sugar bersama anggota keluarga atau kerabat dapat mempererat dan menghangatkan suasana rumah. Jangan lupa beri keterangan cara pengolahan atau proses penyelesaian secara rinci dan jelas.

Di samping makanan, ada pula hiasan Natal yang bisa dikreasikan secara bersama-sama. Menawarkan hiasan Natal setengah jadi yang memerlukan finishing touch sepertinya akan banyak diminati orang-orang untuk mengisi waktu liburan hari raya. Mengingat pandemi yang berlangsung cukup lama tahun ini, kita bisa membuat produk hiasan unik menggabungkan tema hari raya dan kondisi tahun 2020 yang sedikit berbeda.

Baca juga: SuperKiosk Tawarkan Peluang Usaha Tanpa Modal

Tawarkan Paket Liburan Khusus yang Berkesan

Sampai akhir tahun nanti, protokol kesehatan dan imbauan untuk menghindari aktivitas di tengah keramaian tampaknya masih akan terus digaungkan. Jadi, kenapa tidak merancang dan menawarkan paket liburan akhir tahun khusus yang berkesan dan tak terlupakan?

Kita bisa menjual paket liburan di vila terpencil atau pulau dengan sedikit penghuni. Lakukan riset untuk mencari tempat-tempat yang jarang diketahui atau didatangi, dan kegiatan-kegiatan favorit yang dilakukan orang selama berlibur. Bisa juga dibuat paket liburan custom berdasarkan permintaan dan minat calon customer. Bikin janji wawancara soal bagaimana liburan yang diinginkan dan hal-hal yang mereka sukai. Tentu saja, harga paket custom akan dipatok lebih tinggi.

Susun aktivitas pengisi liburan yang menyenangkan, lalu tawarkan kepada calon pembeli potensial dari teman dekat, kolega atau klien di kantor, kerabat dan keluarga besar. Satu lagi yang mesti ikut dipromosikan dalam paket liburan ini: kepastian penerapan protokol kesehatan selama program berlangsung!

Bikin Hampers Tematik

untung di akhir tahunSelama pandemi, sudah berapa banyak toko online yang kita kunjungi? Apa saja yang sudah kita beli? Di antara koleksi belanjaan barang atau makanan, pasti ada yang melekat di hati. Sambil berbagi rekomendasi dan ikut men-support sesama wirausaha, bagaimana jika membuat dan menjajakan hampers berisi barang-barang pilihan hasil kurasi sendiri?

Misalnya, kreasi hampers bertema makanan, produk fashion dan aksesori, peralatan rumah tangga dan pernak-perniknya, juga tanaman + perlengkapan berkebun yang sedang trendy belakangan ini. Pilih barang-barang favorit kita yang sudah teruji kualitasnya. Buat kemasan yang menarik plus tawarkan untuk menambah sentuhan personal berupa kartu ucapan khusus dengan kata-kata yang dirangkai sendiri oleh si pemesan.

Produksi Kaus Unik Khas 2020

Banyak hal terjadi selama tahun 2020. Cukup banyak pula orang yang sentimental ingin menyimpan ingatan atau sekadar suvenir dari tahun yang bisa dibilang penuh kejutan ini. Barang cukup populer, sering digunakan, dan lumayan mudah menarik perhatian pembeli adalah t-shirt. Tapi, apa uniknya kaus suvenir ini dibanding produk sejenis lain? Tentu desain atau tulisan yang tertera di atasnya.

Kita bisa mengumpulkan kata-kata atau gambar unik, lucu, ataupun menohok, untuk jadi daya pikat. Misalnya tulisan “I Survived 2020”, “New Skills from 2020: Cooking, Baking, Gardening”, “Master Tanaman Lulusan 2020”, “Ahli Ikan Cupang Berkat Pandemi”, atau “2021, Please be nice to me”.

Jadi, sudah menemukan ide untuk bikin usaha di akhir tahun? Selamat berkreasi untuk cari untung di akhir tahun!

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top