Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

3 Strategi Kunci Alodokter Yang Mengedepankan Nilai Customer-Centric

Strategi, Aplikasi Layanan Kesehatan, Alodokter, inspirasi, experience, marketing, Solusi Kesehatan, aplikasi, startup,Marketing.co.id –Berita Digital | Situasi pandemi Covid-19 yang melanda selama lebih dari satu tahun telah mendorong masyarakat untuk memprioritaskan kondisi kesehatannya, baik fisik maupun mental.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa masih tingginya angka penyebaran Covid-19 membuat masyarakat ragu untuk pergi ke fasilitas kesehatan umum dan lebih memilih untuk beraktivitas secara mandiri serta memanfaatkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berbekal semangat dan strategi bisnis yang berfokus pada pengguna, Alodokter terus tumbuh menjadi layanan kesehatan yang dipercaya masyarakat. Hal ini tercermin dari jumlah pengguna aktif Alodokter yang kini telah mencapai lebih dari 30 juta setiap bulannya dan bahkan meningkat hingga 200% dalam dua tahun terakhir.

“Alodokter terus menjunjung visi dan misi yang konsisten untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Seluruh inovasi dan layanan yang kami lakukan selalu berfokus pada kebaikan dan manfaat kepada seluruh pengguna. Untuk itu, Alodokter menyediakan beragam fitur yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam hal solusi kesehatan dari hulu ke hilir, mulai dari konsultasi dengan dokter, proteksi kesehatan, hingga pembelian obat dan produk kesehatan terpercaya yang tentunya sangat dibutuhkan di masa pandemi ini,” terang Suci Arumsari, Co-Founder dan Direktur Alodokter.

Pertumbuhan positif bisnis Alodokter sedikit banyak terangkum dalam 3 strategi kunci yang mengedepankan nilai customer-centric:

Berawal dari sulitnya mencari solusi kesehatan yang praktis dan terpercaya, Alodokter selalu posisikan diri dari kacamata pengguna

Perjalanan Alodokter bermula dari kisah sang pendiri, Suci Arumsari yang sempat didiagnosis penyakit langka pada bagian tulang belakang. Keterbatasan pergerakan Suci dan minimnya informasi akurat yang tersedia di internet membuat Suci sempat frustasi untuk menemukan solusi dari masalahnya. Berangkat dari peristiwa yang dialaminya tersebut, Suci termotivasi untuk membuat sebuah inovasi agar tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang mengalami kesulitan seperti dirinya kala itu.

Suci mendirikan Alodokter sejak tahun 2014 sebagai jalan keluar bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan medis yang bisa diandalkan dan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Saat ini, Alodokter bergerak bersama lebih dari 43.000 dokter dan 1.500 rumah sakit serta klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selalu progresif dan lihat peluang inovasi teknologi demi kenyamanan pengguna

Salah satu kiat yang dilakukan Alodokter untuk terus berkembang adalah dengan fokus pada kenyamanan pengguna. Sebagai platform kesehatan berbasis digital atau telemedicine, Alodokter senantiasa berupaya memperkuat ekosistem yang didukung oleh teknologi informasi mutakhir dan inovasi artificial intelligence (AI) yang menyamai standar dunia.

Hal ini juga diterapkan pada konsep online to offline atau O2O yang mengintegrasikan fitur Alodokter dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan. Pasien dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter umum atau spesialis yang tersedia melalui fitur chat di dalam aplikasi. Jika diperlukan tindakan medis lebih lanjut, pasien dapat diarahkan untuk membuat janji temu dokter untuk konsultasi offline di rumah sakit atau melakukan pengecekan di laboratorium fasilitas pelayanan kesehatan.

Jalin kerja sama untuk hadirkan manfaat dan keuntungan maksimal bagi pengguna

Di tengah era industri 4.0 dan masyarakat yang serba digital, kolaborasi merupakan strategi kunci yang dipegang erat Alodokter, salah satunya adalah sinergi dengan ShopeePay sebagai layanan pembayaran digital yang memudahkan proses transaksi pengguna. Kemitraan ini menjadi langkah Alodokter agar tetap relevan untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna yang semakin mengandalkan layanan pembayaran digital dalam bertransaksi.

“Di tengah situasi pandemi, Alodokter pastinya ingin masyarakat semakin merasakan kemudahan dalam menggunakan platform Alodokter. Berbekal semangat yang sama, kami menjalin kolaborasi dengan ShopeePay untuk memudahkan pasien dalam bertransaksi secara aman dan praktis. Lebih lagi, keikutsertaan Alodokter dalam program promo 9.9 Super ShopeePay Deals kali ini diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan sembari menikmati pengalaman bertransaksi yang lebih menguntungkan,” tutup Suci.

Bulan September ini, Alodokter berpartisipasi pada kampanye tanggal cantik 9.9 Super ShopeePay Deals. Sepanjang 28 Agustus – 8 September, seluruh pengguna Alodokter bisa menikmati promo Voucher Cashback 100% yang dapat dibeli seharga Rp99 untuk setiap transaksi menggunakan ShopeePay. Lebih spesial lagi, pada puncak promo tanggal 9 hingga 12 September mendatang pengguna Alodokter dapat menikmati Voucher Cashback 100% seharga Rp1.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top