Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Strategi Erajaya Hadapi Lesu Penjualan di Era Covid-19

Melalui wawancara via Zoom bersama Marketing.co.id, Senda Parentino, Director, CRM & Analytics PT Erajaya Swasembada, Tbk memaparkan beberapa strategi Erajaya dalam menghadapi situasi saat ini.

Marketing.co.id  – Seperti diketahui, penyebaran coronavirus atau covid-19 belum terbendung sejak akhir 2019. Para ahli kesehatan merekomendasikan masyarakat untuk melakukan social distancing demi memperlambat penyebaran virus.

Pemberlakuan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran wabah virus corona ini membuat penjualan hampir di segala sektor bisnis terjun bebas. Salah satu perusahaan yang merasakan langsung dampak dari covid-19 ini PT Erajaya Swasembada, Tbk.

Dalam wawancara via Zoom dengan Marketing.co.id, Senda Parentino, Director, CRM & Analytics PT Erajaya Swasembada, Tbk mengatakan, ketika PSBB diberlakukan dan sebagian besar toko yang memang berada di mal diharuskan tutup tentu hal tersebut  sangat merugikan. Pendapatan perusahaan turun cukup dalam.

erafone, erajaya, group erajaya

Salah satu gerai Erafone yang ada di Jakarta. Foto: marketing.co.id/LL.

“Secara garis besar bisnis kami bergerak di 2 lini bisnis, yakni distributor dan ritel. Kami memiliki 1200 toko di seluruh Indonesia. Ketika sebagian besar toko tutup, tentu sangat memukul bisnis kita luar biasa,” ujar Senda.

Meski dihadapkan pada kondisi yang serba sulit, Erajaya group mampu bertahan dan bangkit dengan memaksimalkan keunggulan yang dimilikinya. Sehingga tidak terjadi PHK.  “Kami menganggap karyawan sebagai aset penting. Bagaimanapun juga kami bisa besar karena kerja keras mereka,” lanjut Senda.

Menurut Senda setidaknya ada 3 strategi Erajaya yang dilakukan di masa pandemi covid-19 ini.

Memaksimalkan eCommerce

Saat ini Erajaya Group fokus pada ecommerce yang dimilikinya, eraspace.com untuk mendatangkan penjualan. Tentu perusahaan perlu kerja ekstra mengingat ecommerce yang dimilikinya masih berusia muda. Untuk mendatangkan trafik, Erajaya Group memanfaatkan loyalty program (Eraclub) yang dimilikinya. “Beruntung kami memiliki Eraclub yang anggotanya hampir 2 juta

Senda Parentino, Director, CRM & Analytics PT Erajaya Swasembada, Tbk

orang,” jelas Senda.

Tentunya, memanfaatkan anggota eraclub saja tidak cukup, eraspace.com yang masih belia masih butuh eksposur yang lebih banyak lagi. “Saat ini kami menyiapkan dana yang cukup besar untuk digital,” lanjut Senda.

Menyediakan layanan Home Delivery Service

Perusahaan yang dikenal dengan pelayanannya yang baik ini menyediakan layanan home delivery service dengan memanfaatkan karyawan yang tokonya tutup. “Dari pengalaman kami, pelanggan cukup senang dengan layanan yang kami tawarkan ini karena mereka mendapatkan store experience nya. Tentunya kami tetap mengedepankan prosedur kesehatan,” ujar Senda.

Meningkatkan engagement dengan pelanggan

Dengan database yang dimilikinya, Erajaya Group meningkatkan engagement dengan para pelanggannya melalui  website, media sosial, email dan live chat. “Konsumsi digital kami mulai dinaikan, dari situ muncul pelanggan-pelanggan baru,” pungkas Senda.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top