Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

3 Startup Rebut Juara Kompetisi Startup Weekend

Marketing – Votogenic, sebuah platform yang menyediakan pilihan fotografer on-demand sesuai dengan kebutuhan pengguna berhasil menyabet juara utama kompetisi Startup Weekend Jakarta 2019 yang digelar Greenhouse, penyedia ruang kerja dan solusi terintegrasi untuk pertumbuhan bisnis.

Sebagai juara utama, Votogenic menerima hadiah uang tunai Rp10.000.000 (sekitar US $705). Sementara Gerobak Sayur,  startup distribusi makanan berkelanjutan berhasil meraih posisi kedua dan berhak menerima hadiah uang tunai Rp 5.000.000 (sekitar US $352).

Di posisi ketiga, kompetisi dimenangi Asa, platform yang bertujuan mendorong kesadaran kesehatan mental melalui menghubungkan pengguna dengan terapis dan psikolog. Startup ini menerima hadiah uang tunai Rp 2.500.000 (sekitar US $176).

Startup Weekend adalah rangkaian acara global di mana selama satu akhir pekan atau sekitar 54 jam, berbagai golongan seperti pengembang, manajer bisnis, penggemar startup, desainer grafis dapat mengajukan ide untuk perusahaan startup baru, membentuk tim berdasarkan ide-ide itu, dan bekerja sama untuk mengembangkan presentasi atau prototipe yang berfungsi.

“Startup Weekend bisa mempercepat pemahaman orang tentang apa itu startup, bagaimana cara memulainya, dan apa saja yang dapat dilakukan hanya dalam 54 jam,” jelas Viktor Kyosev, Head of Indonesia di Greenhouse.

Acara ini pertama kali dimulai oleh Techstars, sebuah akselerator dan komunitas startup asal Amerika Serikat, pada 2007. Sejak itu, acara ini telah diadakan di lebih dari 150 negara.

Greenhouse telah menyelenggarakan dua Startup Weekend; pada November 2018 dan April 2019 ini. Sekitar 100 pengusaha, desainer, dan pengembang Indonesia berpartisipasi dalam Startup Weekend Jakarta di Greenhouse Cowork. Mereka berkumpul menjadi 14 tim berdasarkan ide-ide mereka untuk merancang model bisnis dan prototipe produk.

Di akhir acara, setiap tim mempresentasikan startup mereka kepada panel juri yang mengevaluasi kelayakan model bisnis mereka dan bagaimana mereka menjalankan strategi mereka.

Greenhouse percaya bahwa format Startup Weekend berpotensi besar untuk membantu pengusaha Indonesia mempelajari realita sehari-hari dalam menjalankan sebuah startup.

“Kami sangat selektif ketika memilih fasilitator – yang terakhir datang jauh-jauh dari Denmark, tahun ini dari Australia – serta mentor dan juri. Dengan itu, kami dapat menyediakan semua sumber daya yang diperlukan bagi peserta untuk sukses,”  pungkas Viktor.

 

 

1 Comment

1 Comment

  1. adnan

    April 20, 2019 at 21:46

    terimakasih atas penjelasan nya ,artikel yang sangat bermanfaat dan dapat di mengerti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top