Dunia Digital

3 Kesalahan Sosial Media Yang Perlu Dihindari Oleh UKM atau SMB

Mau tidak mau, SMB atau UKM harus juga eksis di sosial media, karena prospek dan pelanggan di Indonesia juga makin banyak yang menghabiskan waktu di Sosial Media.

Coba bayangkan, berapa jam waktu yang digunakan oleh target market Anda untuk nonton TV dan dengar Radio? Berapa banyak waktu mereka melihat billboard, majalah, koran, atau media cetak lainnya? Kenyataannya prospek Anda  makin lama akan makin sering dan makin banyak yang memiliki akses ke media baru seperti Notebook, Netbook, Tablet, dan SmartPhone.

Oleh karena itu, SMB atau UKM sudah pasti harus memanfaatkan sosial media sebagai salah satu channel marketing yang berpengaruh besar terhadap bisnis, namun sering kali banyak pebisnis UKM sampai perusahaan Multinasional melakukan kesalahan Fatal ini:

1. Menggunakan Sosial Media seperti Offline Media
Banyak yang berpikir bahwa sosial media adalah memiliki Facebook, Twitter, YouTube, Google+, LinkedIn, Foursquare, dll, dan berusaha mendapatkan fans, teman, follower sebanyak-banyaknya. Kemudian, semua account tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan brosur.

Ini adalah mindset yang salah, karena Facebook, Twitter, YouTube, Google Plus, LinkedIn, Foursquare, Koprol, dll hanya tools sosial media yang bisa kita gunakan untuk mengimplementasikan strategi sosial media Anda. Kunci utamanya adalah membangun kedekatan, interaksi, dan engagement.

2. Maju tanpa Tujuan
Karena banyak yang memulai social media marketing karena ikut-ikutan , maka akhirnya banyak sekali pebisnis maju di sosial media marketing tanpa tujuan dan arah yang jelas. Tentu saja ini ini sangat berbahaya, seperti mengendarai mobil yang berkecepatan tinggi, tapi matanya tertutup.

3. Tidak Mengukur Hasilnya
Sosial media juga sama seperti media marketing lainnya, yaitu harus selalu diukur dan dimonitor apakah efektif membantu meningkatkan jumlah pelanggan kepada bisnis. Apakah efektif menjangkau lebih banyak target market? Apakah efektif menekan biaya promosi? dan lain lain

Tanpa mengukur, kita tidak akan tahu bagaimana cara memperbaikinya.
Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin menggunakan sosial media untuk bisnis, lakukanlah 3 hal berikut:

  1. Pikirkan dulu Tujuan dari Sosial Media Marketing ini
  2. Susun strategi untuk mencapai tujuan tersebut dengan menggunakan berbagai tools sosial media yang ada (sesuaikan dengan target market Anda)
  3. Monitor dan ukurlah efektivitas dari campaign sosial media tersebut

(Sumber: emcoach.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top