Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

Strategic Retail Management

Banyak konsumen saat ini merasa jenuh dengan produk-produk yang ada di pasar. Produk – produk tersebut sudah menjadi sangat umum dan memang sudah merambah di beberapa pusat perbelanjaan saat ini. Misalnya, Carrefour, Giant, dan Hypermart. Para retailer ini memiliki keunikan sendiri-sendiri di dalam menjual produk dan jasa. Sebagai contoh, Hypermart memberikan Fasilitas Member Card MCC kepada konsumen secara berkala apabila total belanja diatas dari seratus ribu rupiah.

Fasilitas ini dipergunakan untuk meningkatkan point belanja dan dapat ditukarkan dengan produk lainnya. Selain itu, fasilitas ini juga dapat meningkatkan penjualan serta loyalitas konsumen dalam mengambil keputusan dalam membeli. Ditambah lagi dengan produk – produk diskon yang lainnya.

Melihat fenomena yang demikian, umumnya Hypermart dan Carrefour selalu berada di dalam sebuah manajemen pusat perbelanjaan. seperti halnya, WTC Matahari, hanya menonjolkan Hypermart, ITC Matahari hanya menonjolkan Carrefour, Living World hanya menonjolkan Ace Hardware dan Hero, dan lain-lain. Nah disini merupakan sebuah trik atau jebakan bagi para retailer saat ini, dimana manajemen pusat perbelanjaan berusaha mencoba untuk menaikkan tarif parkir karena banyaknya konsumen yang datang. Namun, bagi konsumen saat ini sangat tidak adil apabila hanya sekedar membeli produk dan jasa saja. INGAT!! Konsumen tidak membutuhkan hal itu, tetapi konsumen membutuhkan refreshing, games, serta hiburan yang lainnya.

Coba kita bandingkan dengan GIANT, retailer yang satu ini. Umumnya, GIANT merupakan salah satu retailer yang kepemilikannya bergabung dengan HERO. Sebagai salah satu retailer yang sudah menjadi awareness bagi konsumen untuk produk-produk termurah dan menampilkan diskon seperti Buy 2 Get 1, juga menampilkan beberapa hiburan bagi konsumen seperti Fun City, Timezone, serta games2 yang lainnya. Hal ini yang membuat konsumen merasa sangat nyaman di dalam melakukan pembelian. Selain itu, Giant terkadang memberikan 24 jam shopping bagi konsumen pada hari sabtu dan minggu. Melihat seperti itu, Kompetitor yang lainnya juga sama membuka pusat perbelanjaan hingga 24 jam.

Yang perlu diperhatikan bagi para peretail saat ini adalah harus melihat pandangan dari sisi konsumen. INGAT!! Konsep Konsumen menjadi seorang raja, sudah menjadi sebuah momok yang umum di dalam bidang pemasaran. Menurut Peter Drucker di dalam buku Philip Kotler mengatakan bahwa tujuan utama departemen pemasaran adalah untuk menciptakan pelanggan. (Bintoro Halin/www.marketing.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top