Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

3 Alasan Pentingnya Media Sosial Bagi Bisnis Anda

Marketing.co.id – Sangat mengherankan jika sampai saat ini masih banyak bisnis yang mengabaikan media sosial. Ada yang beralasan bahwa media sosial tidak memberi nilai tambah yang signifikan. Tidak sedikit yang masih skeptis dengan kekuatan media sosial yang hanya dianggap sebuah saluran gratis ke media tradisional, tidak lebih.

Tapi lihatlah sekarang, pandangan-pandangan tersebut ternyata salah. Terlebih tahun ini media sosial diprediksi akan semakin penting lagi. Untuk itu, bisnis Anda harus memiliki kehadiran di media sosial dan aktif. Berikut beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan bagi Anda yang belum yakin mengapa media sosial itu penting:

Jangan berpikir dari segi nilai langsung, tapi nilai potensial

Unsur terpenting dari mengabaikan media sosial adalah hilangnya kesempatan besar yang bisa diraih. Ada jutaan percakapan setiap harinya dan beberapa di antaranya sangat relevan dengan bisnis Anda. Mungkin Anda saat ini tidak kehilangan apa-apa, tapi Anda kehilangan peluang baru. 

Memang, hadir di media sosial butuh investasi dan waktu, tapi memiliki potensi untuk menghasilkan hasil yang luar biasa. Singkatnya, ada peluang di luar sana, sekarang Anda tidak (belum) menyadari karena tidak berpartisipasi dalam percakapan di media sosial.

Orang bilang ‘Like’ biasa – siapapun dapat menekan tombol like 

Memang benar, like atau re-tweet tidak menerjemahkan pendapatan langsung bagi bisnis, tapi itu bukan tujuan akhirnya. Akhir dari dukungan ini adalah data didapat. Anda bakal melihat respon dan menggunakan data tersebut untuk percakapan masa depan. Yang penting lagi adalah setelah orang menekan tombol like, memungkinkan Anda terlihat di newsfeed mereka – Anda dapat beriklan langsung ke mereka (meskipun algoritma newsfeed telah memengaruhi perubahan ini).

Media sosial adalah tentang hubungan dan Anda perlu membangun jaringan sebelum menjual. Re-tweet akan menyebarkan pesan, memberikan data dan dan memperluas brand awareness Anda. Bahkan menurut penelitian terbaru menunjukkan ROI perusahaan B2B dan B2C membaik setelah mereka menggunakan media sosial.

Data pelanggan yang tersedia adalah nilai signifikan bagi merek Anda

Data berlipah yang masuk memungkinkan Anda lebih menargetkan pesan, sejauh mana fokus iklan, serta dapat menghasilkan hasil yang luar biasa.

Itu hanyalah beberapa alasan mengapa media sosial sangat penting bagi masa depan bisnis. Platform media sosial terus tumbuh. Jika merek Anda tidak aktif dalam saluran ini – tidak berinvestasi dalam pengelolaan media sosial dan pemantauan – apakah Anda akan membiarkan kesempatan ini pergi begitu saja?

Sumber: SMT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top