Yang Muda Yang Sukses di YouTube

Empat anak bangsa yang telah meraih popularitas berkat Channel YouTube. (ki-ka) Bara Pattiradjawane, Tara Anugrah, Rando "Jakarta Beatboks", dan Natasha Farani.
Empat anak bangsa yang telah meraih popularitas berkat Channel YouTube. (ki-ka) Bara Pattiradjawane, Tara Anugrah, Rando “Jakarta Beatboks”, dan Natasha Farani.

Banyak negara telah merasakan bagaimana potensi platform video online YouTube dalam mengangkat kultur mereka. Psy dari Korea Selatan contohnya, membuat seluruh dunia menari Gangnam Style semenjak ia mengunduh videonya melalui YouTube. Penyanyi favorit anak muda masa kini, Justin Bieber, juga menjadi bukti dari bagaimana kombinasi talenta, kreativitas, dan homemade video sekarang bisa membawa siapa saja menuju puncak popularitas.

 Indonesia juga telah memiliki bibit-bibit baru yang tak kalah kreatif. Rabu (15/10), YouTube mengumpulkan empat anak bangsa, atau disebut dengan Creator, yang telah sukses menunjukkan passion dan kreativitas mereka lewat YouTube, dan meraih perhatian dari banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri.

Natasha Farani, 26 tahun, memulai channel NatashaFarani karena ingin membagi ide kreatifnya dalam mengenakan hijab kepada “hijabers” di luar sana. Sekarang, subscriber videonya telah mencapai hingga lebih dari 75,000 orang.

Tutorial membuat special effect dan animasi yang dibuat oleh Tara, anak muda berusia 24 tahun dari channel TaraArtsMovie, juga telah mencuri perhatian pemirsa yang mayoritasnya justru berasal dari Amerika Serikat.

“Saya tidak pernah menyangka kalau channel YouTube saya akan menjadi sepopuler ini di dalam dan luar negeri. Tapi mengetahui kalau banyak pengguna YouTube menantikan video saya justru membuat saya semakin terdorong untuk menyuntikkan kreativitas terbaik. Siapa sangka hanya bermodal pocket camera dan passion sepenuh hati dapat menuntun Tara kepada kehidupan yang lebih berwarna,” cerita Tara.

Niken Sasmaya, Online Partner Senior Strategist dari YouTube mengatakan, sejak tahun 2005, YouTube telah menjadi platform di Internet untuk menemukan, menonton dan berbagi video-video kreatif yang dibuat secara orisinil. “Kami bangga bisa berkontribusi aktif dalam mengangkat talenta Indonesia lewat YouTube, dan mendukung munculnya lebih banyak lagi passion dan keunikan anak-anak bangsa yang diapresiasi dunia.”

(Tony Burhanudin)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here