Vaseline Men: Menjawab Kebutuhan Pria

Pasar produk perawatan kulit bagi pria sudah terbentuk. Namun, produk yang ada di pasar tersebut belum tersedia secara maksimal. Karenanya, Vaseline Men mencoba merangsek masuk guna menjawab kebutuhan pasar. Apa saja strategi yang dilakukan?

Ika Paramita, Brand Manager Vaseline PT Unilever Indonesia Tbk
Ika Paramita, Brand Manager Vaseline PT Unilever Indonesia Tbk

Pria pada umumnya—termasuk pria Indonesia—mengalami perubahan gaya hidup yang cukup signifikan dalam beberapa dekade ini. Gaya hidup pria dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit terus berkembang. Pasar produk perawatan pria di segmen pembersih dan perawatan kulit di Indonesia mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Di tahun 2009 angka pertumbuhannya mencapai 46,5 persen untuk produk perawatan kulit pria dan 32,9 persen untuk produk pembersih kulit pria.

Fakta lain juga menunjukkan bahwa secara genetik dan fisiologis, kulit pria 25 persen lebih tebal dan berminyak dibandingkan dengan kulit perempuan. Oleh karena itu, pria pun membutuhkan perawatan yang tepat. Hal inilah yang mendorong Vaseline untuk meluncurkan varian khusus bagi pria, yakni Vaseline Men.

Berdasarkan riset yang dilakukan Vaseline bersama lembaga penelitian di Indonesia mengenai penyebaran produk perawatan khusus pria, terungkap bahwa setiap bulannya 1 juta pria di negara ini mengakui membeli serta menggunakan produk perawatan kulit. Artinya, hal ini menandakan adanya pergeseran pandangan mengenai perawatan kulit pria.

“Kami memahami bahwa kini pria perlu lebih merawat diri untuk menghadapi segala tantangan. Dan didukung hasil riset, terungkap bahwa ternyata saat ini, pria Indonesia baru menggunakan beberapa jenis rangkaian perawatan kulit tubuh. Maka, Vaseline Men memperkenalkan rangkaian produk yang diharapkan bisa membantu pria dalam menjaga kesehatan kulitnya,” kata Ika Paramita, Brand Manager Vaseline PT Unilever Indonesia Tbk.

Ditambahkannya, fakta lain menunjukkan terdapat satu dari dua pria menginginkan kulit lebih cerah, lembab, dan sehat. Sebanyak 68 persen dari 400 pria tersebut juga berpendapat bahwa pria dengan kulit yang lebih cerah mempunyai kesempatan untuk memenangkan perhatian dari lingkungan sosialnya. Dan, lanjut Ika, 348 pria (87 persen) dari 400 pria berpendapat bahwa pria yang memiliki kulit cerah akan lebih mempunyai kesempatan untuk memenangkan perhatian dari kaum perempuan.

Menjawab keinginan itu, rangkaian produk Vaseline Men terdiri dari face wash, body wash, dan body lotion, hadir dengan dua platform, yakni rangkaian seri whitening dan rangkaian seri fresh hydrating. Rangkaian Vaseline Men Whitening mengandung Vitamin B3, antioksidan, dan soft beads yang membantu memelihara dan mempertahankan kesehatan kulit pria. Sedangkan rangkaian Vaseline Men Fresh Hydrating mengandung Vitamin E dan pelembab kulit yang membantu memelihara kesehatan kulit pria sehingga terasa lembut, sehat, dan terawat.

Adapun jenis rangkaian facial foam yakni Vaseline Men Whitening Deep Clean Face Wash, Vaseline Men Whitening Deep Clean Face Scrub, dan Vaseline Men Refreshing Oil Face Wash. Untuk rangkaian body wash, produk perawatan terdiri dari Vaseline Men Whitening Body Wash dan Vaseline Men Fresh Hydrating Body Wash. Sedangkan rangkaian hand & body lotion berupa Vaseline Men UV Whitening Body Lotion dan Vaseline Men Fresh Hydrating Body Lotion.

“Untuk facial foam, tersedia kemasan 50 ml dan 100 ml; body wash tersedia dalam kemasan botol 220 ml dan isi ulang 220 ml; sedangkan hand & body lotion tersedia dalam ukuran botol 200 ml dan isi ulang 100 ml. Dari sisi harga, Vaseline Men cukup terjangkau, berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu,” jelas Ika.

Untuk memperkenalkan produk ke kalangan masyarakat—khususnya pria, Vaseline Men menggunakan brosur, spanduk, banner, dan beberapa media lainnya. Vaseline Men juga menginformasikan produk tersebut melalui media massa, baik cetak maupun elektronik. Bahkan, untuk TVC-nya, Vaseline Men mempunyai beberapa versi yang ditayangkan dalam kurun waktu yang bersamaan, materi iklan ada yang mengangkat produk ataupun program yang akan digelar.

Tak hanya itu, Vaseline Men juga menggunakan brand ambassador Darius Sinathrya untuk mewakili target market mereka. Vaseline Men sendiri membidik segmen pria yang berusia 20 tahun ke atas. Umumnya, pria dalam rentang usia tersebut memiliki kepribadian yang dinamis, aktif, serta peduli terhadap kesehatan kulit. Sedangkan untuk positioning, Vaseline Men mengusung “Keeping Men’s Skin Amazing”.

Ika menambahkan, kini pria lebih memahami bahwa merawat diri adalah salah satu strategi penting yang harus dijalankan. Karenanya, untuk menarik minat konsumen, Vaseline Men mengadakan program Vaseline Men Amazing Journey. Program ini bisa diakses melalui situs www.vaselinemen.com—sebagai fasilitas edukasi dan tantangan fisik untuk pria.

Selain itu, diungkapkannya, keunggulan Vaseline Men antara lain mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam atau noda pada kulit dalam waktu 14 hari. Ini berarti 50 persen lebih cepat dibandingkan produk pemutih kulit pria lainnya. Secara ilmiah terbukti 30 kali lebih efektif dalam menjadikan kulit pria bertambah cerah dibandingkan dengan produk pemutih kulit pria lainnya.

Situs Vaseline Men Amazing Journey dapat diakses semua pria untuk memperkaya pengetahuan tentang bagaimana merawat serta menjaga kesehatan kulit, dan menguji ketangguhan pria dalam menghadapi tantangan melalui games interaktif. Pria memang cenderung menyukai tantangan dan harus selalu siap menghadapinya untuk meraih kemenangan.

Nah, uniknya lagi, bagi pria yang dapat membuktikan ketangguhannya dalam menjawab tantangan, Vaseline Men akan memberikan penghargaan kepada empat pria untuk menyaksikan ajang sepak bola terbesar pada 2010 di Afrika,” kata Ika mengakhiri pembicaraan. (Majalah MARKETING/Fisamawati)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.