Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance), yang merupakan salah satu Emiten Anak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PERTAMINA, terus menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan dengan aktif berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan yang berfokus pada Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu wujud nyata dari komitmen ini adalah upayanya untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi keuangan di Indonesia.
Tugu Insurance telah bekerja sama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dalam menyediakan Paket Beasiswa Pendidikan bagi mahasiswa berprestasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki keterbatasan sumber daya ekonomi. Upaya ini membantu mewujudkan impian mahasiswa Indonesia yang berpotensi, namun terkendala oleh faktor ekonomi, untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.
Selain itu, Tugu Insurance dan KSE telah sukses melaksanakan program webinar literasi keuangan pada tahun 2023. Webinar tersebut, dengan tema “Alasan Pentingnya Asuransi untuk Millenial & Gen Z,” berhasil dihadiri oleh 239 mahasiswa dari berbagai PTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang pentingnya asuransi dan bagaimana asuransi dapat menjadi bagian integral dari perencanaan keuangan mereka.
Presiden Direktur Tugu Insurance, Tatang Nurhidayat, menjelaskan pentingnya partisipasi aktif dari pelaku usaha di industri asuransi dalam mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi keuangan. Menurut Tatang, “Sejak beberapa tahun ini kami konsisten untuk proaktif mendukung pemerintah dalam penguatan literasi keuangan kepada masyarakat maupun para generasi muda untuk cerdas finansial. Literasi keuangan memiliki tujuan sebagai investasi jangka panjang yang bermanfaat dalam mengelola dan menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil, hingga meningkatkan jumlah pengguna produk dan layanan jasa keuangan di tanah air. Kami meyakini bahwa lembaga keuangan dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain sehingga semakin tinggi tingkat literasi keuangan masyarakat, maka semakin banyak masyarakat yang akan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan.”
Program webinar literasi keuangan tahun 2023 ini diselenggarakan menjelang bulan Oktober, yang merupakan bulan inklusi keuangan, serta memperingati Hari Asuransi Nasional. Para peserta diberikan pemahaman yang mendalam mengenai manfaat asuransi dan pentingnya memiliki perlindungan asuransi sejak dini. Dalam sesi ini, peserta tidak hanya diberikan pengetahuan dasar tentang asuransi, tetapi juga diperkenalkan pada potensi risiko yang dapat timbul apabila tidak memiliki perlindungan asuransi. Diharapkan pemahaman ini dapat mendorong peserta untuk mengambil tindakan yang bijaksana dalam mengelola keuangan mereka dan memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Emil Hakim, Direktur Keuangan & Layanan Korporat Tugu Insurance, yang juga merangkap sebagai Corporate Secretary Tugu Insurance, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari Program CSR Bakti TUGU – Pilar Pendidikan & Literasi Keuangan. “Kedepannya kami akan terus melaksanakan program serupa untuk masyarakat luas maupun generasi muda, agar mereka dapat memahami dengan benar manfaat asuransi sehingga kelak dapat memilih produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini juga membantu mereka untuk memahami peran penting industri asuransi dalam mendukung stabilitas perekonomian nasional,” tambah Emil.
Dengan inisiatif-inisiatif seperti beasiswa pendidikan dan webinar literasi keuangan ini, Tugu Insurance menunjukkan komitmen nyata dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia, khususnya dalam meningkatkan akses pendidikan dan literasi keuangan bagi generasi muda. Upaya ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Indonesia dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) secara lebih luas.