Bagaimana Memilih Influencer Yang Tepat untuk Brand Anda?

TrueVibe Bantu Brand Memilih Influencer yang TepatTrueVibe dirancang untuk membantu brand lebih memahami influencer mana yang akan memberikan dampak dan hasil terbaik dalam sebuah kampanye. 

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam upaya mendukung pengambilan keputusan yang strategis dalam pemilihan influencer, Vero meluncurkan TrueVibe Index. Algoritma TrueVibe Index memungkinkan anggota tim Vero menilai kecocokan antara influencer dan brand berdasarkan kriteria yang terukur. Indeks tersebut telah dirancang untuk mengukur relevansi influencer dalam konteks ekosistem budaya brand dan tujuan komunikasi mereka.

Berdasarkan skor terhadap enam kriteria, masing-masing dengan atribut dan pertimbangan uniknya sendiri, TrueVibe Index membantu memberikan peringkat pada influencer berdasarkan kesesuaian dengan brand.

“TrueVibe adalah cara kami untuk mengetahui influencer mana yang paling cocok untuk berkolaborasi,” kata Vero Strategic Planning Director, Alyssa Rogier. “Kami ingin membuat metode yang dapat membantu pemilihan influencer sebagai proses yang berlandaskan data dan memperhatikan berbagai aspek yang dapat menentukan kesuksesan dalam menjalin kemitraan. Dalam mengembangkan TrueVibe, kami memastikan bahwa ini sama sekali bukan cerminan kualitas seorang influencer pada poin tertentu. Ini tentang menemukan influencer yang cocok untuk tujuan komunikasi brand, permintaan spesifik, atau hubungan dengan brand secara umum.”

Fitur Utama TrueVibe

TrueVibe Bantu Brand Memilih Influencer yang TepatCara kerja TrueVibe adalah dengan mengajukan kategori pertanyaan tentang influencer untuk mencapai skor hingga 30. Influencer dengan skor 26-30 dianggap sebagai Ideal Fit, sementara influencer yang mendapat skor kurang dari 25 dapat dijadikan sebagai alternatif. Adapun untuk influencer yang memiliki skor kurang dari dari 20 tidak akan direkomendasikan. Hal ini memungkinkan Vero menganalisis setiap kasus secara jelas untuk setiap individu.

Terdapat enam kategori untuk mengeksplorasi jangkauan influencer, yakni minat, keterlibatan, kualitas konten, otoritas, dan nilai. Beberapa di antaranya berfokus pada informasi kualitatif, sejalan dengan brief atau permintaan klien. TrueVibe menggunakan data dan analitik untuk memahami industri sebuah brand, pesaing, dan audiens untuk mencapai strategi dan pendekatan yang tepat.

“TrueVibe dirancang untuk melihat dari segala aspek yang dapat menentukan sebuah kolaborasi dapat berjalan dengan sukses, termasuk memastikan bahwa nilai-nilai antara brand dan influencer selaras, dan pengalaman masa lalu tidak berdampak negatif pada kampanye di masa depan. Jika Anda ingin seseorang mewakili brand Anda, berkomunikasi atas nama Anda, terlibat dengan audiens Anda atas nama Anda, maka perlu dipastikan bahwa mereka sesuai, bahwa mereka mewakili brand Anda dengan tepat” ujar Rogier.

Metode ini menjadi penting seiring meningkatnya penggunaan influencer dalam kegiatan marketing sebuah brand dengan perkiraan pertumbuhan pada industri tersebut mencapai $16.4 pada tahun ini. Selain itu, 68% brand berencana meningkatkan anggaran untuk influencer pada tahun 2022. Influencer juga dipercaya mampu menambah nilai brand dalam banyak aspek.

Membangun hubungan antara influencer dan brand

Saat bekerja dengan influencer, brand sering kali menyerahkan banyak tanggung jawab. Sebagai pihak luar dari suatu brand, influencer diminta untuk mewakili pesan brand melalui konten, serta memiliki keterikatan dengan pengikut potensial dari brand tersebut.

Bagi influencer, seluruh model bisnis mereka didasarkan pada membangun hubungan dengan audiens. Berkomentar, melakukan hal menarik, mendengarkan, beradaptasi. “Lebih mudah untuk merasakan koneksi ketika Anda dapat melihat orang dibalik akun tersebut – ketika mereka memiliki kepribadian dan cerita yang beresonansi. Mereka dapat berbicara kepada Anda, minat Anda, dan mencerminkan nilai-nilai Anda. Dan Anda cenderung mengikuti rekomendasi influencer karena hal ini,” terang Rogier.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.