websiteHarus Anda ketahui, tidak ada pengunjung website yang melakukan 100% sesuai keinginan pemilik website. Karena itu, Anda harus memperbaiki website Anda agar pengunjung website dapat berubah dari pengunjung menjadi konsumen atau klien.
Jadi, bagaimana cara memperbaiki website Anda? Mulailah dengan mencari tahu tujuan utama website Anda. Tujuan tersebut bisa berbagai macam, misalkan untuk menghasilkan penjualan, mendorong orang-orang untuk mempromosikan website Anda di media sosial, mendorong pengunjung mengisi sebuah formulir, atau mendorong pengunjung untuk menghubungi Anda.
Setelah menentukan tujuan website Anda, telusurilah jalan atau alur agar tujuan tersebut terpenuhi.
Misalkan, tujuan website Anda adalah untuk menghasilkan penjualan. Anda mengharapkan pengunjung membuka website Anda, lalu membuka katalog produk untuk mengenal lebih tentang produk yang ditawarkan, lalu melakukan pembelian dan berakhir di ’thank you page’.
Alur ini dikenal sebagai conversion tunnel atau lorong konversi. Kunci keberhasilan dari lorong konversi ini adalah dengan mengoptimalkan setiap bagiannya.
Contoh, asumsikan 30% pengunjung website Anda membuka halaman penjualan produk Anda. Sebanyak 20% dari pengunjung tersebut melakukan pengisian formulir pembelian dan 40% dari mereka sampai di ‘thank you page’, yang berarti mereka telah melakukan pembelian.
Dalam kasus ini, 2,4% dari seluruh pengunjung memenuhi semua lorong. Hal ini juga diketahui sebagai 2,4% conversion rate atau tingkat konversi. Nah, yang perlu ditingkatkan adalah tingkat konversi ini.
Kunci untuk meningkatkan konversi ini adalah dengan memperbaiki setiap halaman yang ada dalam lorong konversi. Jika tingkat konversi setiap halaman dapat meningkat sebesar 10%, maka secara keseluruhan tingkat konversi akan berumbuh sebesar 33%
Namun, belum semua pengusaha mampu mengukur tingkat konversi website mereka. Kalau pun dilakukan, tingkat konversi yang diukur hanya secara keseluruhan. Padahal yang penting adalah tingkat konversi dari setiap halaman. Dengan meningkatkan konversi setiap halaman, tingkat konversi website secara keseluruhan pun akan ikut naik.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konversi setiap halaman web. Perhatikan setiap faktor dalam website Anda dan coba ide-ide baru.
Anda bisa juga mencoba memodifikasi font, ukuran, dan warna tulisan. Tambahkan juga gambar atau video baru. Mengubah tata letak dan warna atau gambar latar belakang website Anda juga bisa dilakukan.
Terakhir, perhatikan tingkat konversi setiap halaman setiap hari dan setiap bulan. Angka yang Anda lihat mungkin akan berfluktuasi, tapi itu karena ukuran sampel yang kecil.
Pastikan tingkat konversi Anda bertambah setiap harinya dan tidak ada penurunan secara drastis. Bila itu terjadi, cek ulang semua fitur website Anda dan pastikan mereka bekerja dengan baik.
Intinya, yang penting dalam website Anda adalah halaman individu. Bila Anda memantau halaman-halaman ini dan memperbaiki mereka, kemungkinan pengunjung website menjadi konsumen atau klien Anda menjadi lebih besar.
Sumber: http://www.entrepreneur.com