Tren E-Commerce Menuju Peralihan Pengalaman Yang Sangat Dipersonalisasi

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Tren perilaku konsumen terkini terus menghadapi tantangan dan teknologi hadir untuk menjawab terutama pasca pandemi. Cara berbelanja konsumen saat ini telah beralih ke model hybrid dengan pengaruh besar toko online, termasuk social engagement dalam proses pembeliannya. Kawasan Asia-Pasifik berada di garis depan dalam perubahan perilaku berbelanja ini. Menurut laporan GSMA, Indonesia menyumbang pangsa pasar e-commerce terbesar di wilayah Asia-Pasifik pada tahun 2021 sebesar 20 persen. Di saat yang sama, GlobalData memprediksi pasar e-commerce negara ini akan tumbuh sebesar 23,8 persen, senilai Rp420,8 triliun.

Zoho

Gibu Mathew, Vice President and General Manager in Asia-Pacific at Zoho Corp mengatakan, bahwa tren tersebut membuktikan, pengguna akan terus menggunakan dan menjelajahi platform, layanan, dan aplikasi digital. Hal ini menekankan betapa pentingnya sebuah bisnis mengadopsi strategi digital omni-channel, dengan digitalisasi yang berkelanjutan serta digitalisasi pembayaran.

“Penggunaan teknologi digital ini berarti bahwa sebuah platform teknologi yang terpadu beserta perannya dalam analisis data dan kemampuan untuk melibatkan konsumen di berbagai titik kontak menghasilkan jangkauan maksimum dan pengalaman brand yang lebih konsisten dalam perjalanan pelanggan (customer journey) mereka,” papar dia.

Kawasan Asia Tenggara juga mengalami pertumbuhan dalam hal otomatisasi, Chatbots berbasis AI  dan pengalaman pelanggan dengan model self-service . Diharapkan lebih banyak brand di kawasan ini akan mengikuti tren tersebut dan mengimplementasikan teknologi baru untuk mengatasi perubahan kebutuhan pelanggan.

“Semakin populer, otomatisasi juga telah menjadi sebuah keharusan. Dilengkapi dengan wawasan data, brand dapat mengambil langkah tepat untuk mengantisipasi kebutuhan, permintaan, dan perubahan perilaku pelanggan agar dapat memberi kejutan dan menyenangkan pelanggan dengan pengalaman yang dipersonalisasi,” papar dia.

Penggunaan teknologi yang tak dapat dihindari ini memberi lebih banyak peluang kepada bisnis untuk melibatkan pelanggan mereka guna mencapai hasil bisnis yang lebih baik. Fitur lain yang diharapkan pelanggan adalah trust by design karena mereka cenderung beralih ke brand yang menawarkan privasi dan keamanan data yang lebih baik.

Lebih lanjut, dia menambahkan, penting juga mengetahui pengaruh platform di bidang marketing di Indonesia melalui omni-channel. Menurut sebuah laporan dari McKinsey, platform omni-channel semakin populer, di mana sekitar 60 hingga 85 persen pengguna di Indonesia berencana untuk terus menggunakannya. Di bidang marketing, hal ini berarti organisasi harus membangun kemampuan online mereka sehingga mereka dapat menjangkau pelanggan di berbagai titik kontak; termasuk seluler, obrolan, dan media sosial.

Pada saat yang sama, mempertahankan eksistensi secara offline sama pentingnya karena lebih dari 90 persen konsumen telah meningkatkan belanja fisik sejak Februari lalu. Pengusaha retail perlu mengembangkan jangkauan omni-channel mereka serta membangun kemampuan marketing dalam melibatkan pelanggan di berbagai titik kontak, serta memberikan lebih banyak peluang untuk berkomunikasi dan melakukan pembelian, baik di toko fisik atau online.

Skenario menguntungkan bagi pelanggan dan brand hanya dapat dicapai melalui teknologi. Akibatnya, mengadopsi platform yang dapat menyatukan solusi teknologi mereka adalah strategi yang masuk akal, guna memastikan mereka memiliki kemampuan untuk menjangkau konsumen di berbagai saluran.

Namun, memiliki jangkauan omni-channel saja tidak cukup. Kemampuan dalam melibatkan audiens Anda dengan mulus di berbagai platform adalah langkah yang sangat berharga dalam memanfaatkan Unified Marketing Platform (UMP; Platform Pemasaran Terpadu). Saat pelanggan melintasi berbagai saluran untuk mendapatkan beragam konten informasi, ulasan, dan pengalaman, UMP memberikan kontrol kepada brand dengan lebih baik di ruang digital. Hal tersebut memungkinkan bisnis menjadi lebih efektif dalam konversi penjualan dan dalam memelihara loyalitas brand. Kumpulan konten dan informasi ini membantu pelanggan menegaskan keputusan pembelian mereka dan memungkinkan pengalaman brand Anda yang lebih baik dan lebih konsisten.

Zoho Indonesia hadir menjawab tantangan akan kebutuhan untuk memberikan pengalaman yang sangat dipersonalisasi melalui otomatisasi. Platform pengalaman pelanggan terpadu dari Zoho memungkinkan para marketer memanfaatkan wawasan real-time untuk menghadirkan kampanye multi-saluran yang dipersonalisasi yang akan meningkatkan perolehan leads dan konversi. Hal ini juga memungkinkan organisasi untuk mengotomatiskan layanan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di lingkungan bisnis-ke-konsumen (B2C) dalam volume tinggi.

Zoho juga menawarkan serangkaian solusi pemasaran berbasis AI yang memungkinkan organisasi menciptakan pengalaman pelanggan yang menarik dengan biaya lebih murah.  Platform Zoho CRM memungkinkan tim penjualan memprioritaskan respon e-mail  kepada pelanggan yang tidak puas dengan tujuan memperkuat retensi pelanggan.

Platform tersebut juga dapat menyesuaikan respons berdasarkan aktivitas pencarian online pelanggan, detail pembelian, dan pola perilaku untuk merekomendasikan produk yang relevan dengan tiap pelanggan. Zoho juga memiliki platform obrolan langsung dan analitik terpadu, SalesIQ, dan analitik SalesIQ yang mengotomatiskan percakapan yang dipersonalisasi untuk berbagai skenario yang akan membantu mengubah prospek menjadi pelanggan. Sepanjang percakapan, platform dapat menyesuaikan interaksi berdasarkan perilaku setiap prospek di halaman web yang berbeda guna mendorong keberhasilan penjualan.

Solusi Zoho Indonesia hadir dengan meningkatkan keterlibatan penggunaan seluler untuk e-commerce. Zoho Marketing Plus merupakan solusi UMP yang memungkinkan tim marketing berkomunikasi dengan pelanggan di titik kontak pilihan mereka, termasuk seluler. Marketing Plus menyediakan platform terpadu yang memungkinkan tim marketing merencanakan, mengelola, dan menjalankan kampanye mereka melalui email, SMS, dan kampanye media sosial. Platform ini juga menawarkan wawasan yang berguna bagi tim marketing terkait kampanye dan pesan mana yang memiliki dampak terbesar sehingga mereka dapat menangkap lebih banyak pelanggan seluler.

Zoho juga memiliki Zoho Commerce, platform e-commerce yang diciptakan untuk membantu bisnis kecil dan menengah menyiapkan toko online yang menarik dengan mudah. Organisasi dapat menggunakan template intuitif yang dapat disesuaikan dan fitur responsive store builder atau pembuat toko responsif yang dimiliki platform tersebut untuk mempersonalisasi toko mereka sehingga mereka dapat meningkatkan keterlibatan dan prospek penjualan di seluruh jenis perangkat konsumen. Platform tersebut juga dapat ditautkan ke platform Zoho lainnya seperti SalesIQ dan CRM untuk membuat komunikasi yang dipersonalisasi bagi setiap pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here