Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Trafik Data Berpotensi Naik Saat Libur Nataru, XL Axiata Pastikan Jaringan Optimal

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology |Guna melayani pelanggan yang akan merayakan Hari Natal dan pergantian tahun, XL Axiata telah memastikan kesiapan jaringan menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan. Pada dua tahun terakhir, trafik data meningkat hingga 15 %. Tahun ini, meskipun masih dalam kondisi pandemi dan adanya pengurangan hari libur bersama, XL Axiata memperkirakan tetap akan ada peningkatan trafik data sekitar 10 % dibandingkan hari biasa.

Seorang teknisi XL Axiata sedang mencek jaringan sebagai persiapan untuk memastikan layanan tetap berjalan dengan baik selama libur panjang akhir tahun 2020. Foto: Istimewa.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “kami tetap menyiapkan jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi. Kapasitas jaringan yang kami sediakan sebesar 2x. Perkiraan trafik data berpotensi naik meski masyarakat tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun secara leluasa. Masyarakat kemungkinan akan mengisi masa libur panjang dengan berbagai aktivitas digital karena harus membatasi keluar rumah. XL akan bekerja keras menjaga performa jaringan agar pelanggan bisa mendapatkan layanan secara maksimal selama mengisi libur panjang akhir tahun, baik mereka yang ada di perjalanan maupun yang tetap di rumah saja”

Lokasi-lokasi tujuan wisata tetap mendapatkan perhatian khusus tim XL Axiata, demikian juga dengan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api. Untuk itu, tim XL Axiata telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada bulan November – Desember 2020 untuk memastikan semua jaringan telah siap. Untuk jalan tol, uji jaringan dilaksanakan pada ruas Jakarta – Surabaya, Jakarta – Bandung, Surabaya – Malang, Surabaya – Probolinggo, Jakarta – Bakaheuni, serta Bakaheuni – Palembang. Sementara itu untuk jalur kereta, pengujian dilakukan di jalur Jakarta – Semarang – Surabaya, Jakarta – Yogyakarta – Surabaya, Surabaya – Banyuwangi, dan Surabaya – Bandung. Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu _diatas 95 % telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93 % bersinyal kuat.

Tim XL Axiata akan terus melakukan pemantauan melalui melalui pusat monitoring jaringan yang berada di XL Axiata Tower, maupun langsung di lapangan. Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan selama melewati masa libur panjang tersebut, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap. Pelanggan bisa menghubungi petugas call center selama 24 jam, melalui 817, 818 dan 838 serta channel layanan berbasis digital melalui twitter dan live chat di XL

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top