Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Top Digital Company Award 2021 – Penghargaan Kepada Perusahaan-perusahaan Top yang Bertransformasi Digital

Marketing.co.id – Tahun 2020 merupakan tahun di mana perusahaan mau tidak mau harus mulai melakukan digitalisasi di semua proses bisnisnya. Digital Darwinism yang disebut oleh tim Top Digital Company Award (TDCA) dari tahun 2019 sudah semakin terasa dampaknya di 2020. Perusahaan yang lolos seleksi dan sukses berevolusi digital akan menjadi pionir di industri bisnisnya karena pekerjaan-pekerjaan manual yang tadinya memakan waktu sangat lama dan berulang, akan dapat diselesaikan secara cepat dengan bantuan automasi lewat teknologi digital.

Tahun 2020 sudah dapat dipastikan bahwa pertumbuhan ekonominya minus. Masyarakat menjadi semakin terbiasa akan gaya hidup yang baru dan satu-satunya cara untuk memulihkan ekonomi adalah dengan percepatan transformasi digital melalui pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh daerah.

Tahun 2021 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi semua pelaku usaha. Mereka yang terlanjur terlambat membangun infrastruktur digital di perusahaan akan semakin sulit mengejar pesaingnya. Sementara para pesaing yang sudah menpunyai infrastruktur digital mumpuni akan menghadapi tantangan baru yang menarik, yaitu mengembangkan customer journey melalui digital services. Perusahaan akan berlomba-lomba bersaing membuat digital event yang menarik, personalisasi konten, sampai mengembangkan fitur online selling mereka. Hal ini dikarenakan rating dan online review sebuah produk akan menjadi sangat kritikal di masa depan.

Metodologi Penjelasan Atribut Penilaian Top Digital Company

Penghargaan Top Digital Award diberikan oleh Majalah Marketing kepada perusahaan-perusahaan dari 49 kategori industri di Indonesia yang dinilai berhasil melakukan transformasi digital. Berawal dari berbagai jurnal ilmiah mengenai transformasi digital korporasi, Survey One mengembangkan kerangka kerja yang digunakan sebagai parameter penilaian bernama Digital Company Index (DCI).

Digital Company Index ini didapat dari dua tahap penilaian, yaitu:
– External Audit, melalui riset yang dilakukan terhadap 50 Tenaga Ahli Digital dan Jurnalis Senior, 300 Investro, dan 500 Konsumen di Jakarta dan Surabaya.
– Internal Audit, melalui presentasi yang dilakukan oleh manajemen perusahaan di depan 5 juri tenaga ahli.

Para auditor akan mengevaluasi tingkat keberhasilan transformasi digital yang dilakukan oleh perusahaan melalui parameter 5 dimensi utama yang masing-masing memiliki 2 sub dimensi, yaitu:

  1. Product Awareness
    Paramater ini merupakan evaluasi terhadap tingkat keseringan (frekuensi) customer mencari informasi brand melalui media online dan besaran added value bagi perusahaan, setelah perusahaan mendigitalisasi brand-nya dalam hal ini iklan maupun penjualan di media online.
  2. Customer Touchpoints
    Parameter ini merupakan evaluasi terhadap jumlah customer yang mengetahui channel pemasaran online suatu brand dan tingkat kepuasan customer terhadap brand yang diiklankan dan dijual di media online.
  3. Organizational Initiatives
    Parameter ini merupakan evaluasi terhadap kompetensi staf perysahaan dalam menggunakan teknologi digital yang ada saat ini dan seberapa menarik perusahaan sebagai tempat kerja bagi karyawan milenial.
  4. Strategic Initiatives
    Parameter ini merupakan evaluasi terhadap kreativitas dan agresivitas perusahaan dalam mengembangkan infrastruktur dan layanan digital suatu brand dan tingkat kesiapan brand dalam menghadapi kompetisi digital di 1 tahun yang akan datang.
  5. Process Quality
    Parameter ini merupakan evaluasi terhadap kualitas dan efisiensi platform digital (website, social media, aplikasi) yang dimiliki perusahaan dan keuntungan dari kolaborasi/kerjasama digital yang dilakukan brand dengan pihak lain.

Semua komponen pembentuk Digital Company Index (DCI) tersebut dianalisis menggunakan skala Likert 1 = sangat tidak baik, sampai dengan 7 = sangat baik. Perusahaan yang dinilai berhasil melakukan transformasi digital dan mendapat predikat pemenang dengan diberi tanda bintang (*) adalah perusahaan yang memiliki index di atas rata-rata industri.

(Hartono Yarmantho, COO Marketing Group)

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top