Top Brand Award, Ajang Penghargaan Merek-Merek TOP Kembali Digelar

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Siapa yang tak kenal Top Brand Award? Ajang penghargaan bagi para merek ini memang rutin diselenggarakan tiap tahun. Dan kini, tepatnya pada tanggal 5 hingga 7 Februari 2014, penghargaan bergengsi ini pun  kembali di gelar.

Penghargaan yang diberikan pada aneka merek terbaik ini dilangsungkan lagi di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta. Sebut saja, BCA, Tupperware, Columbia, merek-merek itu cukup antusias menghadiri penganugerahan di malam pertama (Rabu, 5 Februari).

Suasana Meja Resepsionis Top Brand Awards
Suasana Meja Resepsionis Top Brand Awards

“Acara ini bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk bisa semakin bersaing di lingkup lokal dan global. Hasil surveinya sendiri juga bisa memberi sinyal kepada CMO dan tim pemasaran perusahaan di Indonesia untuk melihat kekuatan mereknya,” ucap Handi Irawan, CEO Frontier Consulting Group sebagai penggagas Top Brand Award.

Sejarah Top Brand Award

Sejarah Top Brand Award di dunia bisnis sendiri terbilang cukup panjang. Berawal sejak tahun 2000 dan diikuti oleh ribuan merek dari ratusan kategori, membuat ajang penganugrahan bagi para merek papan atas ini dinilai lebih kredibel.

Tidak hanya itu saja, malam penganugrahan yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group ini juga sudah teruji di depan forum profesor di University of New South Wales, Australia serta menjadi bahan tesis serta disertasi.

Hasilnya, logo Top Brand menjadi logo penghargaan yang paling dikenal dibandingkan dengan logo penghargaan lainnya. Bahkan tingkat awareness-nya mencapai angka 90% di kawasan Jatabek (Jakarta, Tangerang, Bekasi).

Metodologi

Survei Top Brand melibatkan kurang lebih 4.200 responden di delapan kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Pekanbaru, Makasar, dan Balikpapan).

Ada tiga parameter yang digunakan dalam survei:

  1. Top of mind share, merek-merek yang menempati urutan pertama di benak konsumen (banyak dikenal masyarakat.
  2. Top of market share, merek-merek yang banyak dibeli oleh konsumen dari tiap-tiap kategori.
  3. Top of commitment share, seberapa besar loyalitas sebuah merek.

Penasaran siapa-siapa saja jawara yang sukses menyabet gelar merek terkemuka di tanah air? Simak artikel-artikel mengenai Top Brand Award lainnya hanya di Marketing.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here