Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

TokoTalk Terus Genjot Digitalisasi UMKM

Marketing.co.id – Berita UMKM | UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi salah satu kunci pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai 64 juta. Angka tersebut mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia.

Hal tersebut membuat geliat UMKM sangat berpengaruh bagi ekonomi nasional. Namun pandemi covid 19 ikut memukul sektor UMKM. Melihat kondisi ini, pemerintah kemudian membuat sejumlah stimulus untuk menggerakan kembali sektor ekonomi mikro, salah satunya dengan mendorong digitalisasi UMKM.

Menurut data Kadin DKI Jakarta, saat ini, hanya sekitar 8 juta UMKM yang memilih menggunakan platform digital. Upaya lebih mendorong digitalisasi UMKM menjadi salah satu ‘obat mujarab’ menumbuhkan ekonomi mikro. Pasalnya, pandemi membuat sebagian masyarakat beralih melakukan transaksi secara digital sebagai dampak dari pembatasan kegiatan masyarakat.

Evan Januli Head of Marketing PT Codebrick Indonesia, sebuah perusahaan rintisan yang fokus membantu pelaku usaha membuat toko online melalui website TokoTalk, melihat digitalisasi UMKM sangat diperlukan agar pelaku usaha bisa bertahan di tengah pandemi. Evan menungkapkan, TokoTalk telah membantu ratusan ribu UMKM untuk bersaing di era digital dengan menyediakan platform membuat website toko online secara gratis.

Baca juga: Telkomsel Libatkan 99% Usahaku dalam Kolaborasinya dengan Kemenkop UKM

Dari data yang dimilikinya, saat ini lebih dari 540.000 pelaku usaha terdaftar dan membuat toko online secara gratis menggunakan TokoTalk. Melihat antusiasme ini, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan inovasi tepat guna bagi para pelaku usaha untuk melebarkan pangsa pasar.

TokoTalk

“Dengan bergabungnya lebih dari 540.000 pelaku usaha yang terdaftar, merupakan bukti bahwa penjualan mereka terbantu dengan toko online dengan fitur-fitur yang tersedia di TokoTalk. Geliat pelaku usaha untuk bersaing di dunia digital akan terus bertambah dan kami selalu berupaya terus meningkatkan produk dan inovasi yang tepat guna kepada mereka.” ungkap Evan melalui keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Kolaborasi Pelaku e-Commerce Mampu Buka Peluang bagi UMKM

Evan menuturkan, sejauh ini TokoTalk dinilai menjadi solusi praktis untuk membuat toko online sebagai upaya memperluas pasar penjualan melalui teknologi digital. Terlebih, dengan adanya fitur pembayaran menggunakan e-Payment yang memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli.

“TokoTalk dilihat oleh mereka (para pelaku usaha) sebagai solusi praktis untuk merambah penjualan secara luas di dunia digital. Ditambah dengan tersedianya fitur baru Shopeepay yang akan aktif kembali di akhir Mei 2021, semakin mempermudah para seller untuk menjaring customer yang terbiasa bertransaksi melalui marketplace,” pungkas Evan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top