Tips untuk Calon Founder Startup, Pentingnya Value Proposition

Marketing – Keputusan untuk fokus pada value proposition adalah langkah tepat yang seharusnya dilakukan oleh pelaku bisnis apapun, termasuk pendiri startup (usaha rintisan), jika ingin bisnisnya terus tumbuh dan berkembang.

Kalangan muda yang berkeinginan membangun bisnis rintisan hendaknya tidak terjebak pada bagaimana meningkatkan valuasi brand atau produknya. Demikian disampaikan Vincent Iswara, CEO DANA.

Menurut Vincent, valuasi sesungguhnya adalah hasil dari langkah-langkah strategis yang telah dilakukan pelaku usaha. Valuasi yang menguat akan bisa terwujud apabila sebuah brand atau produk memiliki value proposition yang menjadikan brand tersebut dipilih karena kemampuannya dalam menghadirkan solusi inovatif bagi kebutuhan masyarakat luas.

Vincent lantas memberikan tips bahwa untuk menciptakan value proposition yang kuat, seorang pendiri startup harus menentukan misi bisnis sebagai fondasi utama. Setelah menentukan misi dari bisnis yang akan dijalankan, pendiri startup harus memahami dan mengenal target pasarnya. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis tentang tantangan dan peluang, sebelum pada akhirnya menyusun dan menerapkan strategi jitu untuk meraih keberhasilan dengan inovasi-inovasi dan terobosan baru.

“Langkah-langkah inilah yang kami terapkan ketika melahirkan DANA. Kami berangkat dari analisis-analisis yang mendalam tentang tantangan, kebutuhan, ekspektasi, dan peluang yang ada di pasar berdasarkan misi atau tujuan bisnis yang kami bangun sebagai fondasi,” ungkap Vincent.

Dia menambahkan, layaknya nama baik perusahaan digital yang dibangun sebagai solusi bagi masalah yang dialami masyarakat, khususnya dalam bertransaksi, DANA akan terus berinovasi dan berevolusi. DANA terus dikembangkan sebagai dompet digital yang mampu mengakselerasi kegiatan ekonomi dan mentranformasi gaya hidup masyarakat Indonesia dari konvensional menuju digital melalui value proposition yang dimiliki.

Value proposition yang dimiliki DANA antara lain adalah konsepnya yang open platform, memungkinkan setiap pelaku ekonomi, baik pengguna maupun pelaku usaha, dapat memanfaatkannya secara mudah dan cepat sebagai infrastruktur transaksi digital. Selain itu, DANA adalah dompet digital yang dibangun dengan landasan teknologi canggih dan mengutamakan keamanan penggunanya. Selain menawarkan User Experience (UX) yang ramah-pengguna serta fitur-fitur yang dibutuhkan masyarakat untuk memudahkan setiap transaksi, DANA juga memberikan jaminan proteksi 100% bagi penggunanya.

Salah satu UX yang unik adalah adanya fitur card-binding (penyimpanan kartu) yang memungkinkan pengguna menyimpan Kartu Kredit atau Kartu Debit di dalam aplikasi DANA untuk dapat digunakan bertransaksi secara mudah, cepat, akurat, dan aman. Melalui fitur ini, pengguna tidak perlu repot mengisi saldo dananya.

“Dengan adanya beragam value proposition tersebutkami makin menjadi preferensi masyarakat Indonesia sebagai infrastruktur transaksi digital untuk berbagai kegiatan ekonomi. Ini ditunjukkan dari jumlah pengguna aktif kami yang terus meningkat. Kami optimistis, pengguna kami dan budaya masyarakat untuk bertransaksi digital nontunai akan makin meluas. Optimisme ini terbangun berdasarkan tren di kuartal terakhir yang menunjukkan untuk kali pertama transaksi nontunai dengan pembayaran digital melebihi jumlah transaksi menggunakan kartu kredit atau kartu debit,” pungkas Vincent.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.